Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rasa Berkendara Mobil Listrik BYD Atto 3 Jakarta-Bandung

Kompas.com - 02/02/2024, 08:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) listrik ringkas bertambah dengan hadirnya BYD Atto 3. Mobil lima penumpang itu menjadi lawan Chery Omoda E5 dan MG4 EV.

Sebelumnya Kompas.com sudah mengulas mengenai desain eksterior, interior dan fitur. Maka kali ini fokus pada rasa berkendara. Tesnya dilakukan dari Jakarta-Bandung dengan total jarak sekitar 177,5 km.

Baca juga: Profil Momo TWICE, Main Dancer Asal Jepang

Pertama kali duduk di jok semi bucket dengan sandaran kepala menyambung ala kursi gamming cukup nyaman. Awalnya terasa terlalu rendah seperti naik sedan tapi ketinggian jok bisa disesuaikan keinginan pengemudi.

BYD Atto 3 Foto: BYD BYD Atto 3

Setirnya ala mobil balap dengan bagian bawah rata. Saat lingkar setir pertama digenggam sentuhan soft touch terasa mewah, namun karena ala mobil sport, ukurannya memang lebih kecil dari setir biasa.

Menariknya setir Atto 3 menawarkan dua pilihan mode yaitu comfort dan sport. Pengemudi dapat memilih mode tersebut di layar besar di tengah dasbor. Bedanya mode sport setirnya terasa lebih responsif.

Baca juga: Pahami Beda Marka Garis Jalan Berwarna Putih dan Kuning

Saat perjalanan di tol, Kompas.com tidak bisa terlalu merasakan sensasi akselerasi Atto 3. Sebabnya mobil yang dikendarai berada di barisan ketiga dari depan, kemudian kecepatan mobil patwal juga dibatasi.

BYD Atto 3KOMPAS.com/Gilang BYD Atto 3

Meski demikian terasa bahwa pengendalian mobil yang mumpuni. Suspensi bukan yang paling empuk tapi mampu mengakomodir kenyamanan yang saat tes berlangsung membawa tiga orang dengan bobot total 233 Kg.

Catatan Kompas.com, ialah ban Continentals yang dipakai di Atto 3 tipe Superior membawa kenyamanan tersendiri. Ban tidak berisik padahal seperti diketahui mobil listrik minim suara dan suara tapak ban di jalan bisa masuk kabin.

Baca juga: Jualan Mobil Hybrid di Thailand Lebih Besar Dibandingkan di Indonesia

Saat mobil memasuki Bandung, Jawa Barat, jalanan mulai bervariasi dan medan yang tepat buat Atto 3. Pengendalian mobil mulai terasa di jalan yang sempit dan meliuk menanjak karena rombongan menuju Dago.

Sesuai fitrahnya sebagai mobil listrik dengan torsi yang berlimpah, mobil mudah saja menaklukkan tanjakan. Meski sebelumnya mengerem sampai kondisi diam di tanjakan, dan kemudian melaju tanpa kesulitan.

BYD Atto 3Foto: BYD BYD Atto 3
Atto 3 dilengkapi dinamo listrik menghasilkan 201,1 Tk dengan torsi puncak 310 Nm. Catu daya menggunakan teknologi Blade Battery dari BYD, dengan daya 49,92 kWh untuk varian Standard dan 60,48 kWh untuk varian Extended.

Rasa berkendara tersebut juga didukung oleh berbagai fitur yang berlimpah yang membuat nilai plus tersendiri. Seperti NFC Card Key, Keyless Entry and Keyless Start/Stop Button, Panoramic Sunroof with Electric Slide and Anti-trap.

Kemudian ada Wireless Charging, Intelligent Voice Command, 360 View Monitor, Vehicle to Load, Regenerative Braking, 3 Drive Mode (Eco, Normal, Sport), ISOFIX.

Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) listrik ringkas bertambah dengan hadirnya BYD Atto 3. Mobil lima penumpang itu menjadi lawan Chery Omoda E5 dan MG4 EV.
Foto: BYD Segmen Sport Utility Vehicle (SUV) listrik ringkas bertambah dengan hadirnya BYD Atto 3. Mobil lima penumpang itu menjadi lawan Chery Omoda E5 dan MG4 EV.

Baca juga: Indonesia Rajai Pasar Mobil ASEAN 2023, Malaysia Kalahkan Thailand

Head Unit superbesar dengan Wireless Android Auto sangat membantu pengemudi ketika bernavigasi sepanjang perjalanan. Hiburan pun tersedia karena bisa memainkan Spotify.

Kenyamanan dan keamanan berkendara juga ditopang dengan adanya ADAS (Advanced Drive Assistant System). Fitur-fitur di dalamnya ialah Adaptive Cruise Control, Automatic Emergency Braking Sytem, Blind Spot Detection.

Termasuk mencakup Door Open Warning, Rear Cross Traffic Alert, Rear Cross Traffic Brake, Lane Departure Warning dan Lane Change Collision Warning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com