Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Uji Paket Aerodinamik MotoGP di Sepang, Desain Super Agresif

Kompas.com - 02/02/2024, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim pabrikan Honda menjalani shakedown test di Sirkuit Sepang, Malaysia, dengan paket aerodinamik terbaru untuk RC213V. Desain perangkat aerodinamik tersebut terlihat super agresif diyakini memberikan efek yang signifikan.

Honda menjalani shakedown test bersama pebalap tes Stefan Bradl. Pebalap asal Jerman tersebut mengatakan, bahwa perangkat aerodinamik secara umum memberikan efek yang luar biasa.

Baca juga: MotoGP Argentina 2024 Batal, Pernah Jadi Saksi Kemenangan Rossi

"Perangkat ini bisa menyaring sedikit perasaan pebalap terhadap ban dan aspal," ujar Bradl, dikutip dari Crash.net, Kamis (1/2/2024).

 Stefan Bradl, test rider Honda dari Jerman mengetes RC213V 2024 baru. Foto: Motorsport.com Stefan Bradl, test rider Honda dari Jerman mengetes RC213V 2024 baru.

"Perangkat ini mengubah perasaan yang Anda rasakan dengan tangan Anda pada setang atau pada bokong Anda," kata Bradl.

Menurutnya, efek dari perangkat aerodinamik sangat jelas terasa. Khususnya, saat motor sedang berada di tikungan cepat.

Baca juga: MotoGP Argentina 2024 Resmi Batal, Tanpa Ada Pengganti

"Kita bicara soal beberapa area permukaan pada fairing, yang pada kecepatan 150 kilometer per jam memberikan dampak yang masif," ujarnya.

Stefan Bradl saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)RONNY HARTMANN Stefan Bradl saat berlaga pada MotoGP Belanda 2022. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)

"Aerodinamik sangat penting untuk semuanya sekarang ini, top speed lebih, menikung lebih baik, tidak mudah wheelie," kata Bradl.

Namun, Bradl tidak menjelaskan dengan pasti bagaimana ubahan yang dia rasakan terhadap perangkat aerodinamik terbaru pada RC213V.

Dikabarkan bahwa ubahan pada RC213V tidak hanya meliputi perangkat aerodinamik, tapi juga mesin baru dan bobot motor secara keseluruhan yang lebih ringan 8 kg. Ubahan tersebut yang menurut salah satu staf Honda bisa membuat Marc Marquez bertahan untuk tidak pindah ke tim lain.

Balapan terakhir Marc Marquez dengan Repsol Honda pada MotoGP Valencia 2023Dok. HRC Balapan terakhir Marc Marquez dengan Repsol Honda pada MotoGP Valencia 2023

Dengan hak konsesi yang didapat musim ini, Honda berhak mendapatkan 260 ban untuk pengetesan, tiga kali wildcard, dua kali perubahan perangkat aerodinamik, dan tentunya peningkatan mesin sepanjang musim.

Bradl mengatakan, ketiga jatah wildcard musim ini akan digunakan untuk balapan pada Sirkuit Jerez, Sirkuit Catalunya, dan Sirkuit Sachsenring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com