Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skandal Sertifikasi Mesin Diesel, Ekspor Toyota Indonesia Tetap Aman

Kompas.com - 30/01/2024, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin diesel buatan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menjadi salah satu produk yang terindikasi terlibat dalam penyimpangan prosedur terkait pengujian mesin.

Dalam laporan Toyota Motor Corporation (TMC) yang diperoleh Toyota Industries Corporation (TICO), mesin tersebut berkode 1GD yang disematan ke Fortuner untuk produksi Mei 2020.

Kendati demikian, Wakil Presiden Direktur TMMIN Bob Azam, isu itu tidak berdampak terhadap pasar domestik. Sebab Foruner di dalam negeri kini menggunakan spesifikasi yang berbeda.

Baca juga: Toyota Laporkan ada Penyimpangan Mesin Diesel

Ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)dok TMMIN Ekspor Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN)

"Tidak pengaruh terhadap kualitas dan keamanan, tetapi homologasi (sertifikasi) di Jepang. Domestik tidak terdampak, hanya sebagian kecil ekspor saja," kata dia kepada Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Walau tak dijelaskan secara rinci perkiraan jumlah unit yang berpotensi terdampak, Bob memastikan aktivitas ekspor Toyota Indonesia masih tetap lancar.

Bahkan target ekspor 300.000 unit pada 2024 dipastikan tetap aman, tanpa revisi. Perusahaan masih yakin bisa mencapai harapan tersebut karena saat ini kondisi global masih prospektif.

"Target tidak berubah karena benar-benar hanya sedikit saja yang kena isu seperti beberapa negara di kawasan Amerika Selatan," ucap dia.

Baca juga: TMMIN Pastikan Skandal Mesin Fortuner Tidak Berdampak ke RI

Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.Nikkei Pabrik Toyota yang ada di wilayah Durban, Afrika Selatan.

"Berbeda cerita kalau ternyata suku bunga di global naik, inflasi tinggi, dan hambatan ekspor lainnya. Itu pasti akan berdampak signifikan, tapi kalau soal isu ini tidak signifikan (efeknya)," lanjut Bob.

Ia pun mengaku akan terus melakukan komunikasi dengan Kementerian dan lembaga yang bersinggungan langsung maupun tidak langsung atas isu skandal pengujian mesin.

"Namun tidak seperti ketika skandal yang kemarin (Daihatsu), itu benar-benar besar sehingga ada monitoring dari Kemenhub," katanya.

Mesin 1GD yang masuk daftar Toyota, punya spesifikasi 2.755 cc 4 silinder segaris dengan 4 katup, dilengkapi turbo VNT Intercooler. Mesin ini diklaim bertenaga maksimal 201,11 Tk @3.000-4.000 rpm, dan torsi puncak 499 Nm @1.600-2.800 rpm.

Sebelumnya, TMC mengumumkan pada Senin (29/1/2024) bahwa ada kekurangtepatan prosedur sertifikasi tiga mesin mmodel Toyota oleh Toyota Industries Corporation (TICO).

Dalam pernyataan tersebut, sedikitnya ada 10 model global yang terdampak dari skandal sertifikasi ini. Enam model di antaranya dipasarkan di Jepang, kemudian ada satu model yang diproduksi di Indonesia.

Pabrikan otomotif asal Jepang ini mengaku akan memberikan penjelasan rinci kepada pihak berwenang dan segera mengambil tindakan tepat, termasuk melakukan pengujian di hadapan saksi jika diperlukan.

Baca juga: Pekan Lalu, Provinsi Jatim Jadi Penyumbang Kecelakaan Tertinggi

Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.TMMIN Ekspor Toyota dari Indonesia sudah berjalan selama 30 tahun, jumlah unit yang diekspor sudah menapai 1 juta unit.

Berikut model Toyota dengan mesin diesel yang terdampak;

Mesin 1GD

  • Land Cruise Prado produksi Agustus 2020 yang dibuat oleh TMC dan Hino Motors Ltd.
  • HiAce, Grance, Bongo Brawny Van (Mazda) produksi Desember 2017 yang dibuat Toyota Auto Body Co., Ltd., Gifu Auto Body Co., Ltd., dan Toyota Auto Body Co., Ltd. (Thailand).
  • Dyna dan Dutro (Hino) produksi Mei 2021 yang dibuat Hino Motors Ltd.
  • Hilux produksi Mei 2020 yang diproduksi Toyota Motor Thailand Co., Ltd., Toyota South Africa Motors (Pty) Ltd., dan Toyota Kirloskar Motor Private Ltd. (India).
  • Fortuner produksi Mei 2020 yang diproduksi Toyota Motor Thailand Co., Ltd., PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, dan Toyota Kirloskar Motor Private Ltd. (India).

Mesin 2GD

  • Hilux produksi Mei 2020 yang diproduksi Toyota Motor Thailand Co., Ltd.
  • Innova produksi Juli 2020 yang diproduksi Toyota Kirloskar Motor Private Ltd. (India).

Mesin F33A

  • Land Cruiser 300 produksi Agustus 2021 yang diproduksi Toyota Auto Body Co., Ltd.
  • LX500d produksi Januari 2022 yang diproduksi Toyota Auto Body Co., Ltd.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com