Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Mobil Manual Ndut-ndutan Saat Pindah Gigi

Kompas.com - 28/01/2024, 09:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Proses perpindahan gigi di mobil transmisi manual membutuhkan kerja beberapa bagian yang mesti kompak, yaitu angkat gas, menekan kopling, pindah gigi persneling dan kembali menekan gas.

Proses yang butuh kolaborasi dalam waktu singkat itu mesti dilatih terus-menerus sampai feeling berkendara menyatu. Agar mobil tidak "ndut-ndutan" yang pada akhirnya membuat cara berkendara lebih nyaman.

Baca juga: Ducati Anggap Honda Bukan Ancaman di MotoGP 2024

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, pengemudi mobil yang baru belajar memang harus terus berlatih agar proses pindah gigi berjalan mulus.

Honda WR-V transmisi manualKOMPAS.com/Adityo Wisnu Honda WR-V transmisi manual

"Yang diharapkan dari penumpang yang utama ialah kenyamanan, kalau tidak bawa penumpang maka kita harus belajar bagaimana membuat perpindahan gigi yang mulus, nyaman dan lancar," ujar Sony kepada Kompas.com, Jumat (26/1/2024).

Sony mengatakan, pada dasarnya dalam melakukan perpindahan gigi mobil manual dari bawah ke atas dan sebaliknya dari atas ke bawah yang tidak boleh terjadi overtunes atau berlebihan.

Baca juga: Video Viral, Aksi Penyelamatan Mobil Meluncur karena Lupa Direm Tangan

"Hal itu terjadi karena pengemudi kalau dari gigi bawah ke atas karena tidak melepas pedal gas. Jadi yang benar adalah saat dia melepas pedal gas sama dengan menginjak pedal kopling itu harus sesuai sehingga RPM tidak menggerung dan tidak juga drop," ujarnya.

Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manualDok. Toyota Toyota GR Supra akan mendapat opsi sistem transmisi manual

"Jadi perpindahan yang dibutuhkan ialah kesesuaian untuk kenyamanan setelah itu baru pindah gigi entah ke atas atau ke bawah, setelah itu mesti meski pas lagi melepas saat menginjak gas dan kopling itu harus menjaga RPM," ujarnya.

Baca juga: Mulai Musim Hujan, Pengendara Motor Jangan Asal Pilih Lokasi Berteduh

Sony mengatakan, saat mengendarai mobil manual pengemudi membutuhkan feeling yang kuat.

"Ini dibutuhkan orientasi dari karakter mobilnya. Tidak serta merta dia langsung mulus kecuali itu mobil pegangan dia," kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com