Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Bukan Menguap, Ini yang Bikin Oli Mesin Motor Cepat Habis | PO Akas Mila Rilis 2 Bus Baru Pakai Livery Vintage Jilid Tiga

Kompas.com - 06/12/2023, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Oli mesin pada sepeda motor memiliki peran krusial mengingat tugasnya sebagai pelumas komponen yang bergerak.

Mesin tanpa pelumas yang baik akan mengalami banyak kerusakan akibat gesekan yang terjadi. Selain menimbulkan panas, komponen seperti piston dan metal berpotensi mengalami aus.

Maka dari itu, akan menjadi berbahaya bila sampai oli di dalam mesin sepeda motor habis akibat kelalaian pengguna.

Selain itu, perusahaan otobus (PO) Akas Mila Sejahtera kembali merilis dua unit bus baru menggunakan konsep livery lawas atau vintage.

Ini merupakan jilid ketiga PO Akas Mila mengelurkan bus dengan livery vintage. Peluncuran bus edisi spesial tersebut sebagai peringatan hari jadi Akas Mila yang ke 47 tahun.

Sama seperti sebelumnya, kedua bus masih menggunakan rancangan dari Karoseri Tentrem dengan balutanbodi Max Facelift double glass, ditopang sasis Hino AK240. Sasis Hino AK240 sendiri punya kekuatan mesin depan yang sudah Euro 4.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Selasa, 5 November 2023 :

Baca juga: Jangan Pernah Simpan Ponsel di Bagasi Motor, Bisa Kebakaran

1. Bukan Menguap, Ini yang Bikin Oli Mesin Motor Cepat Habis

Ilustrasi baut tap oli mesin sepeda motorDok. DAM Ilustrasi baut tap oli mesin sepeda motor

Dhany Ekasaputra, Manager Promosi PT Autochem Industry menjelaskan salah satu yang menjadi penyebab oli mesin motor berkurang adalah ketika oli sudah terlalu lama bekerja.

“Orang bilang oli itu menguap. Sebenarnya bukan menguap, tapi oli itu masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar karena sudah lewat dari batas minimum,” ucap Dhany, kepada Kompas.com, Kamis (17/3/2023).

Baca juga: Bukan Menguap, Ini yang Bikin Oli Mesin Motor Cepat Habis

2. PO Akas Mila Rilis 2 Bus Baru Pakai Livery Vintage Jilid Tiga

Bus baru PO Akas Mila Livery Vintage Kloter ke 3Instagram @tentrembusofficial Bus baru PO Akas Mila Livery Vintage Kloter ke 3

Livery bersejarah ini sengaja dipilih untuk memperingati perjalanan bisnis PO asal Probolinggo, Jawa Timur setelah beroperasi nyaris setengah abad.

Desain grafis livery menggunakan kelir dasar putih kombinasi garis biru tua, biru muda serta garis tipis hijau dan merah yang mengelilingi bodi. Tidak ketinggalan disematkan tulisan Akas berwarna kuning pada sisi samping.

Baca juga: PO Akas Mila Rilis 2 Bus Baru Pakai Livery Vintage Jilid Tiga

3. Jangan Samakan BYD dengan Mobil Listrik Lain di Indonesia

Mobil Listrik BYD Atto 3 di Japan Mobility Show 2023Kompas.com/Agung Kurniawan Mobil Listrik BYD Atto 3 di Japan Mobility Show 2023

Cepat atau lambat mobil listrik dipercaya akan jadi tren kendaraan di masa depan. Saat ini Indonesia tercatat sudah banyak merek mobil yang menawarkan mobil listrik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com