Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Riset Tulisan “Oil Change” di Speedometer Honda Vario Setelah Ganti Oli

Kompas.com - 05/12/2023, 19:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Sepeda motor keluaran baru banyak dibekali fitur modern seperti skutik merek Honda yang memiliki layar informasi digital cukup lengkap.

Salah satunya fitur peringatan ganti oli mesin yang akan menyala ketika skutik menempuh jarak tertentu. Dengan demikian, pengguna tidak sampai terlewat untuk mengganti oli mesin.

Fitur tersebut bisa dijumpai pada motor Honda, seperti Scoopy, Vario 125, Vario 150, Vario 160, dan ADV 160. Indikator tersebut akan menyala setelah motor mencapai jarak tempuh tertentu sesuai jarak yang diinginkan sejak indikator di-reset.

Baca juga: Jangan Cuek, Ketahui Batas Toleransi Ganti Oli Motor

Ilustrasi mengecek oli mesin motorDok. DAM Ilustrasi mengecek oli mesin motor

Gio, Pemilik Giovani Motor mengatakan tulisan “oil change” pada unit Vario bukanlah suatu masalah, umumnya hanya karena lupa di-reset saja.

“Fitur ini bisa dikatakan sebagai pengingat agar pengguna tidak lupa ganti oli tepat waktu, jadi bukan masalah sih, biasanya montir lupa me-resetnya sehingga tulisan itu selalu muncul,” ucap Gio kepada Kompas.com, Minggu (3/12/2023).

Gio mengatakan indikator akan berulang menyala setiap kali motor memasuki masa penggantian oli berikutnya. Sehingga, pengguna perlu memahaminya sebagai asisten berkendara bukan sebagai masalah.

Baca juga: Ketahui Penyebab Indikator Oli Motor Terus Menyala

Honda Vario 125 rilis di Malaysia, punya warna dual tone yang menarikPAULTAN.org Honda Vario 125 rilis di Malaysia, punya warna dual tone yang menarik

“Jika indikator tersebut menyala, pengguna hanya perlu datang ke bengkel untuk melakukan penggantian oli mesin, bisa dihitung juga sudah menempuh jarak berapa kilometer kan sejak melakukan ganti oli,” ucap Gio.

Indikator juga akan terus menyala sampai pemilik motor mematikannya sehingga bagi sebagian orang ini cukup mengganggu dan dianggap sebuah masalah.

“Cara menghapusnya gampang, namun yang perlu jadi catatan jangan hanya dihapus tapi oli tidak diganti, penggantian oli tetap harus teratur sesuai jadwal, maksimal tiap 3.000 Km,” ucap Gio.

Baca juga: Belum Lama Servis tapi Oli Motor Sudah Minta Diganti, Ini Penyebabnya

Honda Vario dilengkapi layar informasi digital cukup lengkapKompas.com/Erwin Setiawan Honda Vario dilengkapi layar informasi digital cukup lengkap

Sebagai tambahan informasi, berikut cara menghapus tulisan “oil change” pada unit Vario sehingga Anda bisa melakukannya secara mandiri:

  1. Pertama, posisikan kontak sepeda motor OFF
  2. Tekan dan tahan tombol SET di sepeda motor sambil memutar kontak ke posisi ON.
  3. Tekan tombol selama lebih dari 3 detik sampai indikator “oil change” terhapus.
  4. Lalu, tekan tombol SELECT dan SET secara bersamaan.
  5. Untuk memastikan berhasil, bisa memutar kontak ke posisi OFF lalu ke ON kembali.

Nah, begitulah cara menghapus tulisan “oil change” pada skutik Vario. Jadi, itu bukanlah suatu masalah tapi fitur yang diberikan Honda kepada konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com