Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Mobil yang Kelamaan Mangkrak Bisa Cepat Rusak?

Kompas.com - 05/12/2023, 20:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selayaknya kendaraan pada umumnya, mobil harus digunakan secara rutin dan sering, supaya mesinnya terus bekerja dan tidak langsam.

Mobil yang jarang digunakan ternyata jauh lebih rentan terkena penyakit. Jika didiamkan cukup lama, akan terjadi kerusakan pada beberapa komponen.

Noval Al-Hudah, Teknisi Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, situasi semacam ini memang bukan mitos dan sangat bisa dialami oleh semua jenis mobil, baik itu lansiran lama atau baru.

“Mobil kalau mangkraknya kelamaan pasti ada komponen yang rusak. Mau itu mobil baru, mobil tua, sama saja,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (4/12/2023).

Baca juga: Kemenhub Gelar Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru, Cek Syaratnya

Aki mobilDicky Aditya Wijaya Aki mobil

Komponen pertama yang hampir bisa dipastikan rusak tentunya adalah aki. Karena mobil lama berhenti, otomatis arus listrik juga tidak berjalan.

Akibatnya, daya listrik tidak pernah terisi dan mengakibatkan aki soak. Jika tidak segera ditangani, sangat mungkin aki akan jebol dan rusak.

“Asalkan mobil dianggurin seminggu saja, pasti akinya soak, apalagi kalau umurnya sudah lama. Voltasenya drop,” kata Noval.

Kerusakan lain yang kemungkinan besar dialami adalah bensin basi, karena terdiam cukup lama dan sudah mulai teroksidasi. Kondisi ini biasanya jauh lebih cepat terjadi di wilayah-wilayah dingin.

Baca juga: Bukan Menguap, Ini yang Bikin Oli Mesin Motor Cepat Habis

Ilustrasi mengisi bensin mobil,Pexels Ilustrasi mengisi bensin mobil,

“Bensinnya kan enggak gerak, injektor atau karbu juga mati, jadi enggak berputar. Biasanya bensin basi sekitar satu bulan (mobil mangkrak),” ucap Noval.

Masih ada banyak kerusakan-kerusakan lain yang bisa terjadi, mulai dari ban retak akibat getas, kaki-kaki berkarat, kabin berjamur, dan semacamnya.

Mengantisipasi hal ini, Noval sangat menganjurkan supaya mobil tetap rutin dikendarai, setidaknya sekali setiap pekan, dan diajak berjalan-jalan walau sekedar memanaskan mesin.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com