Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak SuperAdventure SuperMoto, Farudilla Adam Pertahankan Gelar Juara

Kompas.com - 29/10/2023, 10:35 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Putaran terakhir ajang balap SuperAdventure International Supermoto Race (SISR) Seri Kejurnas 2023 mencapai puncaknya pada Sabtu (28/10). Rider asal Malang, Farudilla Adam, sukses menaklukan Sirkuit Parkir Barat JIEXPO Kemayoran dan menjadi juara di kelas utama FFA 250.

Farudilla Adam sukses merengkuh gelar Juara Umum FFA 250 SuperAdventure International Supermoto Race (SISR) Seri Kejurnas 2023. Tampil konsisten, dan mempertahankan keunggulan dari pesaing-pesaing terdekatnya yakni Tommy Salim, Yasiin Somma, dan Doni Tata.

Pada pertarungan trek yang berlangsung Sabtu malam, Farudilla mampu mencatatkan total waktu tercepat 07:58.319. Posisi kedua diraih Yasiin Soma dengan total waktu 07:58.798, dan posisi ketiga oleh Tommy Salim dengan total waktu 08:05.244.

Baca juga: Warfy Revitalisasi Baterai Ion-Litium Bekas Mobil Listrik

Farudilla Adam sukses merengkuh gelar Juara Umum FFA 250 SuperAdventure International Supermoto Race (SISR) Seri Kejurnas 2023.Genta Farudilla Adam sukses merengkuh gelar Juara Umum FFA 250 SuperAdventure International Supermoto Race (SISR) Seri Kejurnas 2023.

Berkat kemenangan di seri pamungkas ini Farudilla total mengoleksi 237 poin yang membuatnya tak terkejar oleh Tommy Salim di posisi dua dengan 224 poin dan posisi ketiga ditempati Yasiin Somma dengan 201 poin.

Gelar juara ini tak mudah diraih oleh Farudilla. Pasalnya sang pesaing terdekatnya, Tommy Salim, memberikan perlawanan sengit sejak sesi QTT, Moto1 hingga Moto2.

Usai melakukan victory lap dan naik podium, pebalap berjuluk The Bad Boy tak bisa menutupi rasa bangganya atas gelar juara umum ini.

“Dari seluruh seri tahun ini, memang yang paling sulit di seri terakhir ini. Karena saya harus bisa mempertahankan puncak klasemen dan meraih poin maksimal,” kata Farudilla Adam, Sabtu (28/10/2023) malam.

Baca juga: AHM Umumkan Juara Nasional Honda Modif Contest 2023

Hasil Kualifikasi SuperAdventure Supermoto, Indonesia Ungguli Perancis
Genta Hasil Kualifikasi SuperAdventure Supermoto, Indonesia Ungguli Perancis

Selain sengitnya persaingan di kelas FFA 250, aksi kejar-kejaran juga terjadi di kelas bergengsi FFA 450 International yang diikuti duo rider kelas dunia Germain Vincenot dan Sylvain Bidart.

Meski telah menampilkan aksi-aksi terbaiknya di lintasan pada sesi Moto1 dan Moto2, kedua pebalap asal Perancis ini akhirnya harus mengakui keunggulan pebalap Indonesia, Tommy Salim.

Mengantongi modal sebagai tuan rumah, giliran Tommy Salim menjadi Juara Kelas FFA 450 International dengan mengantongi 50 poin. Germain Vincenot membuntuti di belakangnya dengan 42 poin dan di posisi ketiga diraih Farudilla Adam dengan 40 poin. Sementara Sylvain Bidart harus puas di posisi keempat meraih 35 poin.

Baca juga: PO Gunung Harta Rilis 2 Bus Baru, Pakai Sasis Volvo dan Hino

Sylvain Bidart dan Germain Vincenot, Tandem pebalap SuperMoto asal perancis, siap berlaga di Superadventure 2023Genta Sylvain Bidart dan Germain Vincenot, Tandem pebalap SuperMoto asal perancis, siap berlaga di Superadventure 2023

“Balapannya berlangsung luar biasa hari ini di Jakarta, semua bisa berjalan dengan lancar. Namun Tommy Salim tampil dengan sangat baik, jadi cukup sulit buat saya untuk melawannya di sini. Meski begitu saya sangat menikmati balapannya,” ujar Germain Vincenot pasca-balapan.

Dengan berakhirnya putaran terakhir ini, Perwakilan SuperAdventure, Mario CSP menyampaikan apresiasinya kepada para pebalap yang telah berpartisipasi sejak seri perdana ajang ini bergulir pada Mei lalu di Tasikmalaya.

Demikian halnya dengan dukungan dari para komunitas dan pecinta supermoto di berbagai daerah yang terus berdatangan untuk menyaksikan ajang ini. Dia berharap, skena balap Supermoto di Indonesia akan kian kompetitif dan mampu terus melahirkan rider-rider berprestasi.

“Selamat kepada para juara dari seluruh kelas yang diperlombakan di SuperAdventure International Supermoto Race 2023. Harapannya tentu kita ingin skena supermoto di Indonesia terus berkembang secara positif dan semakin banyak pebalap-pebalap kita yang mampu bersaing di level internasional,” ujar Mario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com