Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bluebird Siap Jual Taksi Listrik Bekas Tahun Ini

Kompas.com - 02/05/2024, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bluebird bakal menjual mobil listrik bekas taksi yang sudah selesai masa operasional. Electric Vehicle (EV) bekas perusahaan berlambang burung biru itu siap dijual pada kuartal ketiga tahun 2024.

Keputusan itu sejalan dengan beroperasinya model baru BYD E6 Gen-2 pada kuartal ketiga yang sekaligus akan menggantikan taksi listrik Bluebird yang saat ini sudah beroperasi.

“Untuk E6 yang lama sudah pasti kita jual, di Q3 (kuartal ketiga), begitu mobil ini (BYD E6 Gen-2) keluar,” ucap Andrew Arristianto, Chief Sustainability Officer PT Blue Bird Tbk, saat ditemui di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (30/4/2024).

Baca juga: Spesifikasi Wuling Cloud EV yang Meluncur Bulan Depan, Rp 410 Juta

Meski begitu, Andre tidak menjelaskan secara rinci berapa unit mobil listrik taksi yang akan dijual, begitupun dengan harga bekas taksi listrik Bluebird yang siap dipasarkan pada kuartal ketiga.

Mobil listrik BYD All New e6 jadi armada Blue BirdKompas.com/Adityo Mobil listrik BYD All New e6 jadi armada Blue Bird

“Saat ini masih beroperasi, nanti kuartal ketiga,” kata Andrew.

Sebagai informasi, BYD E6 menjadi taksi listrik pertama yang dipakai oleh Bluebird. Seremoni peresmiannya dilakukan awal 2019, saat itu ada 25 unit BYD E6 jadi taksi reguler, serta lima unit Tesla Model X untuk taksi eksekutif.

Soal spesifikasi, BYD E6 dilengkapi dengan baterai berukuran 80 kWh yang mampu menjelajah sejauh lebih kurang 400 Km. Motor listrik yang digunakan menghasilkan tenaga 120 Tk dan torsi 450 Nm.

Baca juga: Kencan Singkat Wuling Cloud EV, Terasa Plus Minusnya

Secara kabin, crossover SUV listrik ini bisa memuat sampai empat penumpang, satu pengemudi, satu orang di depan dan tiga di belakang. Dimensinya pun terbilang cukup bongsor, tidak seperti Toyota Limo atau Transmover yang lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com