Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Ridwan Kamil Touring Swiss-Perancis Bawa Moge BMW R 1200 GS

Kompas.com - 12/10/2023, 13:23 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kembali membagikan kegemarannya mengendarai sepeda motor. Paling baru, Kang Emil, sapaan akrabnya, tampak terlihat mengendarai motor adventure BMW R 1200 GS.

Ridwan Kamil memilih motor BMW R 1200 GS sebagai tunggangannya touring bersama sang istri, Atalia Praratya, dari Swiss ke Perancis.

Dalam video yang diunggah melalui akun Instagram pribadinya, Kang Emil bersama sang istri terlihat menggunakan perlengkapan berkendara yang cukup lengkap, seperti helm dan jaket.

Kang Emil juga turut membagikan sejumlah momen berkendara, mulai dari cuaca cerah hingga malam hari.

Baca juga: Alasan Kenapa Sedan Jarang Punya Wiper Belakang

“Sejauh ini, ini yang terjauh. 600 km selama 2 hari motoran berdua. Melewati semua alam indah ciptaan Tuhan ini. Menyewa motor dan menginap di tempat yang terlewati malam. Mumpung fisik ini masih mampu jadi supir ojek keluarga. Biar nanti mah saat sudah renta dan tak mampu, saat aki-aki dan nini-nini, tinggal ketawa-ketiwi saja saat mengenang memori ini. Dari SMA memang saya suka motoran. Angkatan Dilan. Dibelikan motor astrea oleh ibunda. Terakhir dijual ke tukang tahu keliling,” tulis postingan Instagram Ridwan Kamil, Rabu (11/10/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ridwan Kamil (@ridwankamil)

Bicara soal motor yang menjadi tunggangan Ridwan Kamil bersama sang istri, BMW R 1200 GS dibangun dengan karakteristik dinamis dengan kemampuan offroad yang sangat baik. Tak heran jika sepeda motor ini menjadi salah satu motor adventure paling populer di dunia.

R 1200 GS didukung mesin air/liquid-cooled boxer 1.170 cc dengan tenaga 125 Tk pada 7.750 rpm. Fitur yang menonjol adalah sistem pendingin baru yang menggunakan air, bukan minyak (cooling agent).

Baca juga: Syarat dan Prosedur Balik Nama Kendaraan Warisan

Selain itu, alur aliran mesin vertikal demi tenaga lebih efisien, serta gearbox 6-percepatan yang terintegrasi dalam rumah mesin bersama dengan kopling basah.

Banderol motor adventure BMW ini masih cukup mahal, berdasarkan penelusuran Kompas.com dari situs jual beli kendaraan, harga bekas BMW R 1200 GS di rentang Rp 300 juta sampai Rp 450 jutaan, tergantung tahun dan kondisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com