Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Durasi Bus Ngetem di Terminal?

Kompas.com - 12/10/2023, 12:22 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Saat naik bus AKDP atau bus AKAP biasanya harus menunggu beberapa saat di terminal. Kru harus ngetem beberapa saat guna menunggu penumpang.

Namun, beberapa layanan bus justru ngetem dengan durasi yang lama dan membuat penumpang kesal. Lalu berapa lama durasi bus yang ideal ngetem di terminal? 

Agus salah satu sopir bus AKAP PO Lorena mengatakan, durasi ngetem itu berdasarkan kebijakan dari masing-masing perusahaan otobus (PO). 

"Kalau layanan bus AKAP itu kan sudah ada jadwalnya harus mengakut atau menurunkan penumpang dimana saja. Maka dari itu mereka punya estimasi waktu agar tiba tepat waktu di titik-titik lintasan. Sehingga durasi ngetemnya tidak akan lama-lama karena hanya untuk jemput atau turunkan penumpang," kata Agus kepada Kompas.com di Terminal Baranangsiang, Rabu (11/10/2023). 

Agus mengatakan, apabila bus terlalu lama ngetem justru akan merusak jadwal perjalanan. Biasanya, layanan bus AKAP akan ngetem lama di terminal awal atau akhir keberangkatan.

Namun itu tidak bisa disebut ngetem sebab itu adalah jeda waktu untuk kru beristirahat dan membersihkan unit sebelum jadwal keberangkatan bus.

"Beberapa PO itu justru tetap akan memberangkatkan bus kendati penumpangnya hanya satu," kata Agus. 

Baca juga: Masih Pincang, Penggemar Alex Rins Jangan Banyak Berharap di MotoGP Mandalika

Terminal bus Baranangsiang BogorKOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI Terminal bus Baranangsiang Bogor

Baca juga: Masih Pincang, Penggemar Alex Rins Jangan Banyak Berharap di MotoGP Mandalika

Yusuf, salah satu sopir bus AKDP PO MGI mengatakan, untuk layanan bus AKDP biasanya akan ngetem paling lama sekitar 1 jam jelang keberangkatan. Sama seperti layanan bus AKAP, kebijakan keberangkatan bus AKDP sudah diatur dari masing-masing PO. 

"Ada PO yang menekankan setoran, maka dari itu kru mau tidak mau ngetem agak lama untuk cari penumpang. Ada juga PO mementingkan pelayanan tepat waktu, sehingga memperbolehkan bus tetap jalan saat keadaan kosong. Kalau mau naik bus AKDP itu naik yang barisan paling depan, itu bus sudah siap jalan. Kalau yang berada di barisan belakang itu memang sedang antri giliran," kata Yusuf.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com