Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mana Lebih Irit dan Bertenaga, Yaris Cross Bensin atau Hybrid? [Video]

Kompas.com - 12/10/2023, 09:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota meluncurkan Yaris Cross dalam dua pilihan mesin, yakni bensin dan hybrid, sebagai pemain baru yang meramaikan kelas SUV segmen B.

Dari segi tampilan, sekilas keduanya memang 11-12, alias tak jauh berbeda. Apalagi dari tampilan visual alias eksteriornya yang mengusung konsep “Solid & Dynamic”.

Namun bila bicara soal sektor dapur pacu, meski kapasitasnya sama-sama 1.500 cc, tapi performa antara Yaris Cross versi bensin dan hybrid jelas tak bisa disamakan.

Baca juga: Daihatsu Pamer Vision Copen Penggerak Belakang 1.300 cc di JMS 2023

Seperti diketahui, Yaris Cross Hybrid mengusung mesin 2NR-VEX DOHC Dual VVT-i yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 82 kW atau setara 109 tk dan torsi 121 Nm.

Toyota Yaris CrossKompas.com Toyota Yaris Cross

Penggunaan baterai litium, membuat Yaris Cross versi hybrid juga memiliki mode berkendara EV yang tentunya selain lebih senyap juga berdampak signifikan untuk efisiensi bahan bakar.

Sedangkan untuk versi bensin konvensional, menggunakan mesin 1.500 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW atau 104, 5 dan torsi 138 Nm.

Baca juga: Masih Ada Mobil Matik Baru di Bawah Rp 250 Juta, Cek Pilihannya


Dari data tersebut sudah terlihat perbandingan produksi tenaganya. Meski demikian, secara torsi bisa dilihat versi bensinnya lebih unggul.

Lantas bagaimana soal perbandingan keiritan dan sensasi berkendara dari keduanya?

Bagi yang penasaran, bisa langsung melihat video review lengkapnya setelah kedua varian ini redaksi uji beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com