Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Ketangguhan Honda Gold Wing Dibawa Off Road

Kompas.com - 15/07/2023, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Gold Wing merupakan salah satu motor flagship Honda yang cocok dibawa untuk touring atau perjalanan jauh. Bukan cuma buat jalanan aspal, off road pun selama masih ringan masih bisa dilalui dengan aman.

Seperti pada video yang diunggah akun explore_gayo di Instagram, terlihat Honda Gold Wing berwarna putih dibawa touring melewati jalanan yang kurang bagus. Diduga, jalanan yang dilewati sekitar daerah Gayo, Aceh.

Terlihat di video tersebut, cuma ada satu Gold Wing yang ada di rombongan motor tersebut. Sisanya seperti Honda Africa Twin, CB500X, X-ADV, dan sebagainya.

Baca juga: Mengenal Vitacci Clash 200, Kembaran Honda Vario di Amerika Serikat

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by GAYO TOURISM (Official) (@explore_gayo)

 

Pada rintangan pertama, motor seperti melewati jalanan yang ambles. Pada saat turun dan naik, tidak ada gejala mentok bagian bawahnya, mengingat motor besar ini punya ground clearance 140 mm dan wheelbase 1.698 mm.

Motor dengan bobot mencapai 390 Kg tersebut pun bisa dikendalikan dengan baik. Bahkan saat melewati tanjakan seperti tidak ada kesulitan yang berarti.

Kemudian ditampilkan juga ketika Gold Wing dibawa melewati jalan yang berlumpur. Melihat aksinya, memang sedikit kesulitan, mengingat bobot yang berat ditambah ban yang bukan model off road.

Baca juga: Jangan Langsung Pindahkan Gigi dari D ke P, Transmisi Bisa Cepat Rusak

Tapi, pada akhirnya motor bisa melalui kondisi jalanan berlumpur dan menanjak tadi dengan aman. Berarti Gold Wing bukan cuma bisa dipakai di jalanan yang mulus, sedikit dibawa off road pun selama pengendaranya berpengalaman, maka aman saja.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, Gold Wing memang cukup stabil saat melewati jalan semi off road, cuma kurang nyaman saja.

"Kurang nyaman karena bebannya yang terlalu berat, jadi membutuhkan tenaga besar untuk menahan agar tidak roboh," kata Agus kepada Kompas.com, Sabtu (15/7/2023).

Soal spesifikasi, motor touring Honda Gold Wing punya sistem yang terkoneksi menggunakan Apple CarPlay dan juga Android Auto, memberi kenyamanan optimal selama perjalanan.

Tersedia dua slot USB pada dasbor memastikan pengguna tidak perlu khawatir kehabisan daya gawai selama berkendara jarak jauh. Perjalanan semakin menyenangkan ditemani fitur speaker yang menghasilkan kualitas suara mengagumkan.

Beranjak ke sektor dapur pacu, Honda Gold Wing hadir dengan mesin tangguh 1.833 cc 6-silinder berpendingin cairan yang dipasang secara horizontal berlawanan. Tenaga disalurkan ke roda belakang dengan transmisi 7 percepatan dual clutch.

Soal harga, Gold Wing lansiran 2023 dibanderol Rp 1.052.500.000. Untuk varian 2023, cuma tersedia satu warna yang ditawarkan Astra Honda Motor, yakni Candy Ardent Red.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com