Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Siapkan Mesin 400cc 4 Silinder, Kebangkitan CB400SF

Kompas.com - 13/07/2023, 17:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda dikabarkan sedang menyiapkan mesin motor 400cc empat silinder baru. Mesin ini rencananya diproduksi di China, dan nanti bisa disematkan ke CB400SF terbaru.

Dikutip dari Youngmachine, desain yang diambil dari CB400SF tidak berubah banyak, tetap pakai lampu depan bulat. Tapi zaman sekarang, sedang tren motor beda model tapi platform sama, makanya akan hadir produk lain yang memakai basis sama.

Bukan cuma mesin, bagian sasis juga tampak akan berubah, mengikuti tren yang sudah meninggalkan model double cradle. Diamond frame kemungkinan jadi pilihan karena ringan dan bisa jadi basis untuk motor lainnya.

Baca juga: Performa Masih Terpuruk, Nakagami Ungkap Masalah Honda di MotoGP

CB400SF baruyoungmachine CB400SF baru

Misal contoh motor Honda modern dengan diamond frame adalah CB750 Hornet yang basisnya sama dengan XL750 Transalp. Keduanya pakai platform yang sama, tapi satu bergaya roadster, satu lagi adventure.

Nantinya, kalau memang benar CB400SF bakal pakai diamond frame, tentu bisa saja performanya jadi lebih baik daripada pendahulunya.

Baca juga: Ramaikan Persaingan Bus AKAP, Simak Harga Tiket PO INA


Soal bisnis pun Honda tampak sukses jualan motor dengan mesin di bawah 400cc. Jadi dengan hadirnya CB400SF baru, bisa saja membuka segmen baru, mengingat salah satu saingannya yakni dari Kawasaki punya banderol yang sangat mahal.

Diperkirakan, mesin baru ini muncul di 2024-2025. Penasaran akan seperti apa bodi dari mesin baru ini yang akan diperkenalkan Honda, untuk pasar global maupun semoga bisa sampai ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com