Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upgrade Baterai Motor Listrik, Bikin Jarak Tempuh Lebih Jauh

Kompas.com - 04/06/2023, 17:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Motor listrik buatan pabrik memiliki jarak tempuh yang terbatas. Melakukan modifikasi baterai jadi salah satu cara untuk meningkatkan daya jangkaunya.

Seperti yang dilakukan spesialis motor listrik E-Clont yang berbasis di Yogyakarta. Bengkel ini mengklaim bisa meningkatkan jarak tempuh motor listrik dengan mengganti baterainya.

“Hampir semua motor listrik bisa kita upgrade. Cuma beberapa seri yang terbaru kita butuh riset dulu, karena belum ada sampel unitnya. Tapi kalau ada sampel unit bisa kita upgrade,” ujar Abdullah, pemilik E-Clont, kepada Kompas.com (4/6/2023).

Baca juga: Harga Suzuki XL7 Hybrid Bocor, Mulai Rp 283 Juta

Bengkel spesialis E-Clont melayani upgrade baterai motor listrikInstagram @e-clont.solusienergi Bengkel spesialis E-Clont melayani upgrade baterai motor listrik

Abdullah mengatakan, biaya penggantian baterai bergantung dari spek motor listrik yang diinginkan. Menurutnya, E-Clont dapat melayani berbagai macam kebutuhan konsumen.

“Kami tidak menjual berdasarkan paket, karena perkembangan motor listrik masih sangat dinamis, dan masing-masing unit tidak ada standarisasi,” ucap dia.

“Harga tergantung kapasitas baterai, buat Uwinfly misalnya, paling favorit di angka Rp 4,8 juta itu untuk baterainya saja. Itu sudah lithium dan termasuk ongkos pasang,” kata Abdullah.

Baca juga: Pria Kena Tipu Rental Mobil, Sewa Brio Habis Belasan Juta Rupiah

Seperti diketahui, Uwinfly T3 sebuah motor listrik yang mirip Vespa matik ini mengusung baterai lead acid (aki) berkapasitas 60V 20Ah. Baterai bawaan tersebut diganti dengan baterai lithium spek 60V 25Ah atau 60V 22Ah.

“Jarak tempuh faktornya banyak sekali, cuma kalau dirata-rata bisa 60-70 Km. Standarnya paling 40 Km,” ujar Abdullah.

Proses penggantian baterai pun terbilang mudah, hanya beberapa jam saja. Bahkan buat konsumen luar kota, Abdullah bisa memberikan video panduannya.

Baca juga: Nissan Fokus Kembangkan Produk Lain, Biarkan Livina Tetap Apa Adanya

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh E-Clont (@e_clont.solusienergi)

“Upgrade baterai itu ada batasannya. Karena dia aslinya pakai aki, sehingga ruangannya besar. Kalau diganti litium itu bisa sampai tiga kali lipat,” kata Abdullah.

“Kalau mau dimaksimalkan penuh untuk lithium, kapasitasnya bisa besar sekali. Harganya otomatis berbeda. Kisaran Rp 4 jutaan sampai Rp 10 jutaan,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com