Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2023, 16:21 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Desain bus pariwisata kini kian berkembang mengikuti kebutuhan pasar. Misalnya seperti fasilitas toilet yang dalam kurun beberapa tahun terakhir ini disematkan pada bus pariwisata.

Padahal, fasilitas toilet identik dimiliki oleh layanan dari bus AKAP untuk menunjang kenyamanan penumpang selama perjalanan jauh.

Maka dari itu, beberapa bus pariwisata keluaran terbaru kerap dilengkapi dengan toilet, seperti unit baru milik PO Tividi.

Satu unit bus anyar tersebut resmi meluncur dari garasi Karoseri Adiputro. Bus menggunakan balutan bodi Jetbus3+ SHD yang digendong oleh sasis Hino RM280 ABS.

Baca juga: Balapan Formula E 2023 Jakarta Hari Kedua, Nick Cassidy Bidik Podium

Ini merupakan kedua kalinya di tahun ini PO asal Kebumen, Jawa Tengah menggunakan bus rakitan Adiputro untuk memperkuat layanan pariwisata.

Sebelumnya pada Februari 2023 PO Tividi juga meluncurkan satu unit bus pariwisata dengan bodi dan sasis yang sama. Hanya saja bus sebelumnya tidak dilengkapi dengan toilet.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Adiputro Wirasejati (@adiputro_official)


Untuk tampilan eksterior, bus hadir kalem namun tetap gahar menggunakan kelir hijau toska dengan sedikit sentuhan garis kuning neon khas PO Tividi.

Lalu pada bodi samping, area fasia depan atau di bawah kaca yang juga disematkan logo Tividi.

Baca juga: Bos Tim Balap Formula E Puji Program Elektrifikasi di Indonesia

Sementara itu, kaca depan jenis double glass yang menjadi DNA dari Tividi juga tetap digunakan. Tidak ketinggalan pada bagian bando terdapat aksen garis stainless.

Artinya secara garis besar untuk tampilan eksterior bus baru tersebut tidak mengalami perubahan dari generasi sebelumnya.

Untuk bagian kursi penumpang dirancang dengan konfigurasi 2-2 dengan sandaran tangan. Kemudian, agar penumpang lebih nyaman, pada area paling depan bus turut disematkan satu unit TV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com