Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Fokus Kembangkan Produk Lain, Biarkan Livina Tetap Apa Adanya

Kompas.com - 03/06/2023, 18:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Livina merupakan lini produk Nissan yang bekerja sama dengan Mitsubishi. Tapi berbeda dengan Xpander, Livina belum mendapatkan facelift.

Nissan Livina yang bisa dibeli saat ini di diler Nissan masih sama dengan saat awal diperkenalkan, yakni tahun 2019. Lalu bagaimana nasibnya saat ini?

CEO PT Nissan Motor Distributor Indonesia Tan Kim Piauw mengatakan, Livina sampai sekarang masih ada, diproduksi bersama dengan Xpander di pabrik Mitsubishi.

Baca juga: Mobil Formula E Gen 3 Jauh Lebih Kencang, Tim Nissan Sulit Adaptasi

Tes Nissan Magnite keliling sejumlah ruas tol di Jakarta.Foto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Tes Nissan Magnite keliling sejumlah ruas tol di Jakarta.

"Livina masih kolaborasi sama Mitsubishi, masih diproduksi di situ. Cuma memang terus terang pengembangan dari Nissan enggak cuma Livina, tapi banyak produk," ucap Tan di Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Tan menjelaskan, saat ini Nissan mengembangkan berbagai produk, terutama model SUV. Tapi, semua produk sayangnya masih buatan di negara lain, seperti Thailand, Jepang, dan India.

"Jadi nissan itu sekarang selain livina, dia sedang mengembangkan SUV kecil seperti Magnite tapi dari India, kemudian SUV e-Power dari Thailand, dan kemudian dari Jepang ada Leaf," ucap Tan.

Baca juga: Keistimewaan Charger Mobil Balap Listrik Formula E Buatan ABB


Selain itu, untuk mobil dari Jepang kabarnya Nissan mau mendatangkan produk baru di pasar Indonesia. Produk tersebut akan diperkenalkan pada GIIAS 2023, antara X-Trail e-Power atau Serena e-Power.

Menurut Tan menjelaskan, walau tidak mendapatkan pengembangan, Livina tetap jadi produk yang mendominasi penjualan Nissan di Indonesia. Secara penjualan, Livina menguasai 30 persen dari semua lini produk.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com