Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2023, 16:40 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Formula E Jakarta memasuki second header alias balapan kedua, Minggu (4/6/2023). Ada yang unik pada gelaran hari ini, karena Jakarta International E-prix Circuit (JIEC) nampak sepi pengunjung.

Situasi ini terlihat jelas saat Fan Village, pertemuan pebalap dan penggemar sebelum balapan untuk berfoto bersama di paddock. Acara hari ini terlihat jauh lebih sepi bila dibandingkan hari kemarin, Sabtu (3/6/2023).

Scott Hicks, marshal keamanan Formula E asal Skotlandia, mengaku tugasnya hari ini jauh lebih 'santai' dibandingkan kemarin.

"Pengunjung yang datang (hari ini) sedikit, kemarin lebih banyak. Sejujurnya, ini cukup mengejutkan," ujarnya saat berbincang dengan Kompas.com, Minggu (4/6/2023).

Baca juga: Rasakan Sensasi Balap Formula E di Jakarta Pakai Simulator

Nick Cassidy, pebalap envision racing Formula E dalam sesi Fan VillageKOMPAS.com/daafa Nick Cassidy, pebalap envision racing Formula E dalam sesi Fan Village

Sebagai informasi, acara Fan Village pada hari pertama Jakarta E-prix sangat ramai dan cukup membelundak. Seluruh paddock tim balap dipenuhi penggemar yang mengantri foto dan meminta tanda tangan dari idola masing-masing.

Hal itu juga sangat menyulitkan para marshal keamanan, karena pengunjung yang datang dirasa tidak taat aturan dan mengulur-ulur waktu kunjungan.

Akibatnya, para marshal harus mengambil langkah tegas dan memaksa pengunjung keluar area paddock. Situasi itu tidak dijumpai di balapan hari kedua.

"Malam tadi saya sempat rapat dengan kawan-kawan (marshal) terkait pengamanan hari ini. Mengejutkan, kami justru tidak perlu berbuat banyak," ucap dia.

Baca juga: Balapan Formula E 2023 Jakarta Hari Kedua, Nick Cassidy Bidik Podium

Mitch Evans berjumpa dengan para fans dan pengunjung di sesi Fan VillageKOMPAS.com/daafa Mitch Evans berjumpa dengan para fans dan pengunjung di sesi Fan Village

Walaupun Scott merasa nyaman dengan pekerjaan yang tidak terlalu banyak, dia merasa sedikit aneh karena adanya perubahan drastis dari jumlah penonton.

"Rasanya sedikit aneh saja. Ini masih hari balapan, dan pengunjung kemarin ramai sekali. Tiba-tiba, hari ini langsung sepi," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com