Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baterai Motor Listrik Honda Ada di Kementerian ESDM, Sinyal Produk Baru?

Kompas.com - 30/05/2023, 19:42 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Prinsipal Honda telah memastikan bakal meluncurkan motor listrik EM1 e: untuk pasar Eropa, Jepang, dan Indonesia pada tahun 2023.

Di pasar Indonesia, PT Astra Honda Motor (AHM) pun telah memastikan bakal meluncurkan dua model motor listrik tahun ini. Artinya, selain EM1 e: masih ada satu motor listrik terbaru yang bakal meluncur.

Sebelum waktu peluncurannya, baterai motor listrik Honda terpantau sudah berada di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Baca juga: Salah Kaprah Fungsi Sabuk Pengaman pada Mobil

Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Motor listrik Honda EM1 e: dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (19/2/2023). Motor listrik ini telah mengusung Honda Mobile Power Pack e:, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah.

Diduga baterai ini tengah menjalani serangkaian uji coba sebelum benar-benar dilepas ke konsumen.

“Belum bisa dipastikan buat motor Honda apa, tapi ini buat motor baru,” ujar sumber Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Selasa (30/5/2023), baterai motor listrik yang dipajang di gedung Lintas EBTKE Kementerian ESDM di Cikini, Jakarta Pusat, agak berbeda dengan yang muncul di pameran IIMS 2023.

Baca juga: Video Viral CVT Honda PCX 160 Jebol, Ini Penjelasannya

Dalam lemari kabinet yang bertuliskan ‘Mobile Battery’ itu terdapat 8 buah baterai yang diposisikan berdiri.

Secara tampilan, desain lemari kabinet lebih sederhana ketimbang yang muncul di IIMS. Namun bila diperhatikan, maka cover baterai tampak mirip.

Di mana baterai yang berbentuk balok ini memiliki semacam pegangan di atasnya, yang berguna untuk memudahkan kita ketika memindahkan.

Baca juga: Teaser Suzuki XL7 Hybrid Keluar, Meluncur Awal Juni 2023

Sebuah baterai motor listrik Honda terpantau berada di Kementerian ESDM, Selasa (30/5/2023)KOMPAS.com/RULY KURNIAWAN Sebuah baterai motor listrik Honda terpantau berada di Kementerian ESDM, Selasa (30/5/2023)

Sayangnya, redaksi Kompas.com tidak bisa melihat detail keterangan yang menempel pada cover baterai.

Alhasil belum diketahui apakah baterai ini sudah produksi lokal, atau masih buatan India seperti yang dipamerkan pada IIMS lalu.

Sementara itu, lemari kabinet baterai yang muncul di IIMS 2023 bertuliskan Honda e: Technology. Desainnya pun terlihat lebih modern.

Baca juga: Pemilik Mobil Listrik, Jangan Sampai Baterai 0 Persen

Baterai motor listrik EM1 e: yang dipamerkan di IIMS 2023 berasal dari IndiaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Baterai motor listrik EM1 e: yang dipamerkan di IIMS 2023 berasal dari India

Selain itu ada juga perangkat Honda Mobile Power Pack, yaitu teknologi baterai terbaru yang dapat ditukar dengan mudah, dan bisa melakukan pengisian daya di rumah dengan nyaman.

Seperti diketahui, teknologi swap baterai ini jelas berbeda bila dibandingkan Honda U-GO, motor listrik Honda di China yang hanya mengandalkan direct charging.

Lewat Mobile Power Pack (MPP) yang telah diperkenalkan di Eropa, pengguna bisa memilih mau mengecas di rumah atau swap baterai.

Baca juga: Kontradiksi, Angkat Wiper Bikin Karet Awet Tapi Pegas Cepat Rusak

Baterai motor listrik Honda EM1 e: yang dipamerkan di IIMS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Baterai motor listrik Honda EM1 e: yang dipamerkan di IIMS 2023

Pada sekali pengisian daya, baterai ini menawarkan klaim jarak berkendara lebih dari 40 Km. Sementara itu, MPP juga dirancang untuk tahan terhadap suhu, tingkat kelembapan, benturan, dan getaran.

Ketika dikonfirmasi mengenai hal ini, Direktur Pemasaran AHM Octavianus Dwi, enggan mengungkap lebih jauh perihal baterai ataupun motor listrik Honda.

“Ditunggu official info dari kami ya,” ujar Octa, kepada Kompas.com, Selasa (30/5/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com