Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Listrik Bollinger B4, Merek Baru dari AS dengan Fitur Canggih

Kompas.com - 02/09/2022, 14:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen truk listrik dan sasis dari Amerika yakni Bollinger baru saja memperkenalkan Bollinger B4. Berbeda dengan sebelumnya yang cuma sasis, Bollinger B4 punya kabin atau kepala truk.

Bollinger B4 punya desain kabin yang berbeda daripada truk-truk Amerika, yakni tanpa hood atau kap depan. Fungsi dari bentuk kabin tanpa moncong ini adalah untuk keselamatan, kargo, dan radius putar.

Robert Bollinger, Founder & CEO Bollinger Motors mengatakan, bentuk kabin tanpa moncong ini merupakan perubahan yang radikal dari konsep truk Bollinger sebelumnya.

Baca juga: Tesla Segarkan Truk Listrik Semi, Bakal Dikirim ke Konsumen Akhir 2022

Truk listrik Bollinger B4DOK. BOLLINGER MOTORS Truk listrik Bollinger B4

"Ini memang disengaja, kami mendengar masukan dari belasan perusahaan niaga dan mengembangkan dari apa yang mereka butuhkan, yakni efisiensi," ucapnya dalam siaran resmi, Jumat (2/9/2022).

Bentuk kabin tanpa moncong ini menawarkan keselamatan karena visibilitas pengemudi lebih baik. Selain itu, tanpa adanya moncong, dimensi kabin truk jadi lebih kecil sehingga volume kargo di belakang bisa lebih besar.

Bollinger B4 memakai solid rear-axle e-drive yang bisa mengangkut beban berat. Selain itu, tersedia juga pilihan satu pak baterai atau dua, tergantung kebutuhan perusahaan.

Baca juga: Jalan di Kemayoran Mulai Ditutup Besok, Persiapan Street Race


Bollinger mengklaim kalau satu pak baterai bisa mengakomodasi truk berjalan sejauh 100 mil atau sekitar 160 km.

Pada musim gugur tahun ini, Bollinger B4 akan dites oleh berbagai fleet customer di Amerika dan perusahaan charging untuk mendapatkan masukan yang membangun.

Walaupun model B4 dibilang sederhana, fitur-fitur keselamatan yang canggih sudah dijadikan standar. Misal kamera belakang, automated emergency braking, blind spot warning, lane departure warning, sampai adaptive cruise control.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com