Kompas.com - 25/08/2022, 10:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebanyakan mobil matik sudah dilengkapi dengan fitur shift lock, yang secara fungsi berguna agar tuas transmisi bisa digeser pada posisi netral (N) ketika parkir

Foreman Nissan Setyabudi Semarang Wisnu Wardhana menjelaskan, mekanisme kerja shift lock memutuskan hubungan girboks dan roda.

"Kalau posisi transmisi di P maka girboks terkunci. Kunci juga tidak bisa dicabut," ucap Wisnu kepada Kompas.com, Rabu (24/8/2022).

Dengan demikian, tuas transmisi yang biasanya berada pada posisi P ketika parkir bisa digeser ke N tanpa halangan.

Baca juga: Penyebab Indikator Bahan Bakar Mobil Tak Berfungsi

Hal ini sangat berguna ketika mobil parkir secara pararel, yang biasanya mengharuskan mobil dalam kondisi netral tanpa rem tangan yang diangkat.

Model shift lock yang biasa ditemui pada mobil matik ada dua, yakni berupa tombol dan yang menggunakan anak kunci. 

Tombol shift lock di mobil Toyota CalyaGHULAM M NAYAZRI Tombol shift lock di mobil Toyota Calya

Dari kedua model itu, cara kerjanya sama saja dan tidak sulit. Setelah pengemudi mematikan mesin, tuas transmisi sudah di posisi P, kemudian pencet tombol shift lock, dilanjutkan mengoper transmisi ke posisi N. 

Sementara untuk model anak kunci, prosesnya sedikit repot karena harus dicolok menggunakan anak kunci yang ada pada bagian remote mobil.

Jika kunci bisa dicabut, artinya kondisi shift lock sudah bekerja dan sistem transmisi bergerak bebas. 

Baca juga: Pasaran Harga Seken Hyundai Creta

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

"Jadi harus dicolok dengan anak kunci, kalau mobil yang pakai smart key atau remote itu kan tetap ada anak kuncinya yang berguna saat darurat, anak kunci itu bisa digunakan untuk mengaktifkan shift lock," ujar Wisnu. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.