Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Ignis Jadi Siap Offroad

Kompas.com - 15/02/2022, 14:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki Ignis merupakan salah satu mobil yang kerap dipilih oleh masyarakat sebagai mobil perkotaan yang efisien dengan harga terjangkau. Selain itu, Urban SUV ini juga relatif mudah untuk dimodifikasi.

Konsep modifikasi Suzuki Ignis pun kini cukup beragam. Salah satunya adalah konsep mini offroad garapan bengkel modifikasi ProMobile di Malang.

Modifikator dari ProMobile Rangga Erlangga Polnaja, mengungkapkan alasannya memilih modifikasi bergaya mini offroad pada Suzuki Ignis lansiran tahun 2018 ini.

Baca juga: Modifikasi Mobil Langka Honda Accord Wagon, Makin Enak Dilihat

“Mungkin banyak orang yang memodifikasi Ignis ke aliran ceper atau street racing, kita mau buat lain dari yang lain saja karena kalau dilihat dari body-nya yang imut tampang ignis itu sebetulnya gagah,” ucap Rangga saat dihubungi Kompas.com, Minggu (13/2/2022).

Ubahan yang paling signifikan terlihat pada bagian kaki-kaki yang dibuat lebih jenjang akibat pemasangan lift kit custom.

Modifikasi Suzuki Ignis bergaya mini offroadProMobile Malang Modifikasi Suzuki Ignis bergaya mini offroad

Promobile memadukan tongkrongan mobil yang tinggi dengan menyematkan pelek model rally berukuran 15 inci dibungkus ban Achilles.

Sementara pada bagian depan juga sedikit dipermak dengan penggantian bumper custom lengkap dengan skid plate dan winch untuk keperluan darurat.

Kap mesin pun luput dari ubahan, pada bagian tersebut terdapat semacam rongga menyerupai air scoop yang sudah ditanam LED bar untuk pencahayaan yang lebih terang di malam hari.

Di bagian kabin juga diberi sedikit ubahan dengan pemasangan jok Recaro LX, serta upgrade audio dengan membenamkan head unit dan subwoofer aktif besutan Alpine plus lengkap dengan speaker JBL.

Adapun pada bagian mesin, Suzuki Ignis ini masih mempertahankan mesin bawaan, yakni mesin tipe K12M yang memiliki kapasitas hingga 1.197 cc dengan 16 katup dan memiliki konfigurasi 4-silinder. Hanya saja ditambah dengan pemasangan piggyback Dastek X dipadu header custom.

Modifikasi Suzuki Ignis bergaya mini offroadProMobile Malang Modifikasi Suzuki Ignis bergaya mini offroad

Rangga mengaku membutuhkan waktu sekitar 5 bulan untuk memodifikasi Suzuki Ignis dari tampilan standar menjadi mini offroad ini.

“Waktu pengerjaan sekitar 5 bulan di bengkel ProMobile Malang. Kesulitannya itu ada di bagian kaki-kaki karena banyak melakukan perubahan di sektor itu,” kata Rangga.

Baca juga: Jika Sesuai Aturan dan Lengkap, Jangan Takut Bertemu Polantas di Jalan

Spesifikasi modifikasi Suzuki Ignis:

Body
- bumper depan custom
- bumper belakang custom
- fender custom
- kap mesin ori custom (lampu LED bar)
- ducktail custom
- body belakang custom

Interior
- jok Recaro LX
- head unit Alpine
- sub aktif Alpine
- speaker JBL

Engine
- header custom
- piggyback dastek x

kaki-kaki
- dudukan shock custom
- velg custom 15x9.5
- ban Achilles 27 MT
- shock tein coilover

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com