Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pastikan Tak Ada Penutupan Jalan Selama G20 Berlangsung

Kompas.com - 15/02/2022, 10:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Pold Metro Jaya memastikan tidak ada penutupan jalan selama berlangsungnya dua pertemuan G20 Finance Meeting 2022 di Jakarta yang berlangsung pada 15-18 Februari.

“Kami tidak melakukan penutupan jalur mengingat akomodasi dan lokasi acara berdekatan ,” ucap Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo dikutip dari Korlantas Polri, Senin (14/2/2022).

Sambodo mengatakan, penutupan arus hanya dilakukan sementara ketika kontingen delegasi melintas setelah itu jalan akan dibuka kembali.

Baca juga: Tanggapi Operasi ODOL, Pengusaha Truk Layangkan Surat Terbuka

“Jadi Jalan Asia Afrika, Jalan Pemuda kemudian seputaran GBK itu masih bisa dilalui masyarakat, hanya dilakukan penutupan pada saat kontingen delegasi melintas dan pada saat-saat tertentu menurut kepentingan tugas,” kata dia.

Lebih lanjut lagi, pihaknya juga tidak akan melakukan penutupan jalan tol, petugas hanya akan melakukan pengawalan untuk pemberian prioritas jalan bagi rombongan delegasi.

Tiang rambu penunjuk jalan yang menghalangi jalur sepeda di trotoar Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, belum dicabut, Kamis (2/8/2018).KOMPAS.com/NURSITA SARI Tiang rambu penunjuk jalan yang menghalangi jalur sepeda di trotoar Jalan Asia Afrika, Jakarta Pusat, belum dicabut, Kamis (2/8/2018).

“Termasuk rute pengamanan sepanjang jalan sepanjang tol itu juga tidak dilakukan penutupan hanya dilakukan prioritas saat delegasi melintas,” kata dia.

Polantas Polda Metro Jaya juga akan disiapkan untuk pengawalan rombongan delegasi G20 dari bandara menuju akomodasi di Hotel Fairmont dan Hotel Mulia.

Baca juga: Bahaya, Hindari Nyetir Mobil Transmisi Matik Pakai 2 Kaki

Sebagai informasi, Jakarta akan menjadi tuan rumah pertemuan 2nd FCBD (Finance and Central Bank Deputy) dan 1st FMCBG (Finance Minister Central Bank Governor).

Kedua pertemuan itu akan berlangsung di Gedung Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 15-18 Januari 2022.

Sebanyak 547 personel gabungan dari TNI, Polri dan Pemprov DKI Jakarta telah disiapkan untuk pengamanan dua pertemuan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com