Kompas.com - 15/02/2022, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat akan belajar menyetir mobil, ada beberapa pilihan tipe mobil yang bisa dipilih untuk berlatih sesuai dengan kebutuhan calon pengemudi.

Beberapa jenis mobil yang biasa ditawarkan di tempat kursus berlatih adalah hatchback dan SUV.

Walaupun berbeda ukuran, sebenarnya tidak ada perbedaan tingkat kesulitan di antara ke dua jenis mobil tersebut. Perbedaannya adalah titik buta atau blind spot pada masing-masing mobil.

Baca juga: Bahaya, Jangan Belajar Menyetir Mobil di Jalan Umum

Sehingga, apapun jenis mobil yang dipilih oleh pengemudi tidak akan mempengaruhi tingkat kemahiran seseorang dalam mengemudikan mobil.

"Tidak masalah mau mobil besar atau kecil, karena kami tidak mengajarkan menggunakan feeling," jelas Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan pada Kompas.com, beberapa waktu yang lalu.

Ia menjelaskan, ada patokan-patokan yang berbeda setiap mobilnya. Calon pengemudi tinggal memilih mobil mana yang nyaman sesuai dengan kebutuhannya.

SUV listrik Subaru SolterraSUBARU.com SUV listrik Subaru Solterra

Pada tiap mobil, ada blind spot yang berbeda-beda. Mobil-mobil berukuran lebih besar memiliki blind spot yang lebih besar dibandingkan mobil kecil seperti hatchback dan city car.

Saat belajar menyetir, pengemudi hanya perlu menyesuaikan diri dengan blind spot tersebut sesuai dengan kendaraan yang dipilih untuk berlatih. Sehingga, tidak ada perbedaan kesulitan di antara kedua tipe kendaraan roda empat tersebut.

Baca juga: Ngantuk Saat di Jalan Tol, Jangan Tidur di Bahu Jalan

Selain itu, Marcell juga menyarankan pengemudi untuk memilih mobil latihan sesuai dengan mobil yang akan digunakan oleh si pengemudi nantinya. Jika pengemudi akan mengendarakan mobil berukuran besar, maka disarankan untuk berlatih dengan mobil berukuran besar pula.

Ini dilakukan agar pengemudi terbiasa dengan operasional kendaraan dan patokan-patokan blind spot.

"Mobil yang sesuai dengan jenis kendaraan yang akan digunakan, lebih baik untuk dipilih saat akan latihan mengemudi," tutupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.