Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Kompetitif di Sesi Tes, Belum Tentu Unggul Saat Balapan

Kompas.com - 15/02/2022, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada sesi tes pramusim di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, akhir pekan lalu, Aprilia terlihat sangat kompetitif. Namun, pebalapnya sendiri yang mengatakan belum tentu pada saat balapan bisa mengalahkan kompetitor.

Aleix Espargaro mengatakan, RS-GP tidak mengalami revolusi, tapi evolusi pada setiap bagian motor 2021. Menurutnya, peningkatan pada motornya terjadi di setiap bagian.

"Kelincahan, kecepatan di tikungan, dan saat berbelok adalah area di mana kami sangat meningkat. Begitu pula mesin yang lebih kuat, serta aerodinamika," ujar Aleix, dikutip dari Crash.net, Selasa (15/2/2022).

Baca juga: Aprilia Makin Kompetitif, Melibas Tikungan Jadi Salah Satu Andalan

Aleix menambahkan, RS-GP sudah lebih baik, lebih kencang, dan hanya sedikit mengalami wheelie dibandingkan motor tahun lalu. Tapi, ini hanya sesi tes, kondisi saat balapan tentu sangat berbeda.

Aleix Espargaro saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, LombokDok. @aleixespargaro Aleix Espargaro saat sesi tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok

"Masalahnya ini adalah pengetesan. Ini sangat berbeda dengan balapan. Jika Anda memiliki kecepatan yang baik, bukan berarti Anda akan memenangkan balapan," kata Aleix.

Menurutnya, saat balapan akan ada banyak kompetitor yang harus dihadapi. Temperatur dan tekanan pada ban depan biasanya meningkat jika berada di belakang pebalap lain.

Baca juga: Aprilia Resmikan Tim MotoGP 2022, Begini Tampilan Motornya

Selain itu, kemampuan Aprilia saat menikung dengan kecepatan tinggi bisa saja terhalangi oleh pebalap di depan yang memiliki gaya stop and go.

"Kita akan mengetahuinya saat balapan, tapi saya punya firasat motor kami sedikit lebih baik saat sendirian dibandingkan saat bersaing dengan yang lain," ujar Aleix.

"Motor kami lebih baik dibandingkan kompetitor kami dari segi kecepatan di tikungan. Tapi, jika Anda tidak bisa melewati tikungan dengan cepat, Anda berada dalam masalah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com