Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perawatan Mobil Transmisi Matik Lebih Mahal Dibanding Manual?

Kompas.com - 15/02/2022, 10:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dengan transmisi otomatis memang menjadi pilihan sebagain orang untuk kendaraan sehari-hari. Hal ini dikarenakan pengoperasiannya lebih sederhana dan praktis, sehingga memudahkan pengemudi.

Alasan lain orang memilih mobil matik, yakni harga jual kembali yang relatif lebih stabil jika dibandingkan dengan mobil manual. Lalu bagaimana jika biaya perawatannya dibandingkan dengan mobil manual, apakah mobil matik lebih mahal?

Baca juga: Rencana Sistem Satu Arah di Jalan Daan Mogot, Tangerang

Pemilik Bengkel Spesialis Worner Matik Hermas Efendi Prabowo mengatakan, mobil matik dalam hal perawatan memang lebih besar biayanya, terutama dalam hal penggantian oli. Namun, perawatan yang lain mobil matik hampir tidak ada.

“Sedangkan manual, ada perawatan berupa biaya ganti oli. Selain itu, mobil manual juga interval penggantian kampas koplingnya lebih pendek daripada matik,” kata Hermas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ilustrasi servis di bengkel mobil CARfixCARfix Ilustrasi servis di bengkel mobil CARfix

Menurut Hermas, mobil manual bisa dua tahun sudah ganti kampas kopling, apalagi kalau pengemudinya masih belum lancar. Sementara mobil matik, usia pakainya bisa lebih panjang, mulai lima tahun atau bahkan 10 tahun baru ganti kampas kopling.

Baca juga: Ngantuk Saat di Jalan Tol, Jangan Tidur di Bahu Jalan

“Selama periode itu, transmisi matik hanya perlu perawatan berupa ganti oli saja. Sementara untuk manual harus melakukan penggantian oli ditambah dengan kampas kopling,” ucapnya.

Besarnya biaya perawatan untuk mobil matik terbayarkan dengan kepraktisan menggunakan transmisi otomatis. Berbeda dengan mobil manual yang kadang lebih melelahkan, apalagi jika bertemu jalan macet.

“Orang yang bawa mobil manual sering kelelahan dan stres, berbeda jika dibandingkan dengan orang yang bawa mobil matik. Tingkat stresnya mungkin berbeda jika menggunakan mobil manual dan matik. Namun, mengonversi hal tersebut ke rupiah cukup sulit,” kata dia.

Tuas transmisi mobil matik- Tuas transmisi mobil matik

Kelebihan dan kekurangan seperti itu yang jarang diperhitungkan secara materi. Berapa besar pengeluaran akibat penggunaan mobil manual. Banyak orang terpaku pada masalah penggantian oli saja, tanpa mempertimbangkan faktor yang lain.

Baca juga: Alasan Kenapa Ban Mobil Harus Lurus Saat Kondisi Parkir

“Jadi sebaiknya dilihat dari tiga parameter, yakni penggantian oli, penggantian kampas kopling, dan efek psikologis,” kata Hermas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com