Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza dan Veloz Punya Ruang Kabin Luas, Jok Bisa Dibuat Jadi Sofa

Kompas.com - 10/11/2021, 16:05 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Meluncurnya Toyota Avanza dan Veloz terbaru membawa perubahan yang menyeluruh, salah satu dampaknya ruang kabin yang menjadi lebih luas.

Ubahan ini disebabkan karena bergantinya platform dari sebelumnya sasis tangga dengan penggerak belakang (RWD), kini mengusung sasis monokok berpenggerak depan (FWD).

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan, berubahnya platform memungkinkan Avanza dan Veloz baru memiliki interior yang lebih luas.

Baca juga: Makin Macet, Dishub DKI Buka Opsi Ganjil Genap Jadi 25 Ruas Jalan

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Untuk diketahui, berubahnya sistem penggerak dan geometri suspensi depan dan belakang, memungkinkan Insinyur Toyota memiliki ruang untuk menciptakan mobil baru yang ditujukan untuk kenyamanan.

Alhasil, All New Avanza mampu memberikan stabilitas pengendalian serta kenyamanan berkendara yang prima yang diperkuat dengan dimensi bodi yang lebih lebar dan jarak sumbu roda yang lebih panjang.

Pengaturan suspensi baru ini juga menjanjikan pengalaman berkendara yang lebih halus dan senyap, namun tetap menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan di berbagai kondisi jalan.

Baca juga: Layanan Uji Emisi Gratis Bikin Macet, DLH DKI Jakarta Setop Sementara

Tampilan kabin Toyota Veloz saat menyajikan Long Sofa Mode.Dok. TAM Tampilan kabin Toyota Veloz saat menyajikan Long Sofa Mode.

“Kami menyadari bahwa DNA ini harus dilestarikan. Oleh karena itu, meskipun All New Avanza dilengkapi dengan berbagai teknologi baru dan lebih canggih, All New Avanza tetap mempertahankan DNA-nya untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggan,” ujar Anton, dalam keterangan resmi (10/11/2021).

“Kami harap All New Avanza dapat memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat modern terhadap mobil yang lega dan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi seluruh anggota keluarga,” kata dia.

Sebagai informasi, Veloz terbaru kini memiliki Spacious Cabin with Long Sofa Mode. Kabin ekstra luas ini berhasil dihadirkan berkat panjang mobil yang terbentang 4.475 mm dari sisi depan hingga belakang, dengan lebar 1.750 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm.

Baca juga: Alasan Dishub Belum Terapkan Ganjil Genap di 25 Ruas Jalan Jakarta

All New Toyota AvanzaKOMPAS.com/STANLY RAVEL All New Toyota Avanza

Adapun untuk model sebelumnya, Avanza maupun Veloz memiliki dimensi (PxLxT) 4.190 mm x 1.660 mm x 1.695 mm, serta jarak sumbu roda 2.655 mm.

Untuk memanfaatkan ruang ekstra ini secara maksimal, kursi All New Veloz dirancang untuk memiliki konfigurasi yang fleksibel sesuai kebutuhan pelanggan, bahkan dapat disesuaikan menjadi seperti sofa di rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com