Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/02/2021, 10:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 memukul penjualan sepeda motor di Indonesia. Salah satu merek yang terkena dampak ialah Benelli.

Berbagai cara dilakukan untuk mendongrak penjualan selama tahun lalu. Salah satunya dengan melakukan inovasi promo guna meningkatan penjualan saat pasar tengah lesu.

Steven Kentjana, Direktur Benelli Motor Indonesia (BMI) mengatakan, terobosan yang dilakukan Benelli tahun lalu ialah membuat program undian beli motor dapat motor.

Baca juga: Baru Akan Meluncur Maret, BMW R18 Classic Sudah Ludes

Benelli DivoFoto: Istimewa Benelli Divo

"Di balik pandemi Covid-19 pasti ada peluang bisnis. Kalau kita lihat kondisi pandemi bahwa event offline sangat sulit," kata Steven saat bincang-bincang di IIMS Virtual, Sabtu (20/2/2021).

"Tapi kita buat terobosan, kita lihat daya beli menurun jadi kita buat lucky draw nasional, kita cari salah satu tipe motor Benelli yaitu TNT15, jadi beli motor punya kesempatan dapat hadiah motor," katanya.

Steven mengatakan, program tersebut berlaku sampai akhir Desember 2020. Terbukti katanya, pogram promo seperti itu mampu memberikan stimulus yang cukup besar.

"Itu kita lakukan sampai akhir Desember 2020, ini jadi stimulus untuk jadi trigger. Kalau saya beruntung beli dapat motor satu lagi, dan program itu sangat efektif," katanya.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Pajero Sport Facelift di IIMS Virtual 2021

Keeway V250 Fi MeluncurFoto: Istimewa Keeway V250 Fi Meluncur

Steven tidak merinci berapa total penjualan Benelli tahun lalu serta penurunannya dibanding 2019. Di tengah penurunan motor nasional 2020 yang mencapai 43 persen. 

Steven optimistis selalu ada peluang yang bisa dimanfaatkan termasuk untuk tahun 2021. Secara implisit, dia memberikan petunjuk pihaknya sedang mempersiapkan model baru.  

"Untuk tahun 2021, Benelli sudah memikirkan terobosan baru lagi. Kita lihat karakter penggemar akan tetap penasaran dengan adanya motor-motor baru," katanya.

"Saya tidak bilang harus beli tapi setidaknya tertarik. Kami sudah buktikan pada 2020, dengan semangat optmis kita meluncurkan merek baru Keeway dan mendapat respon yang positif," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com