5 Cara Hindari Bahaya Naik Motor di Musim Hujan

Kompas.com - 21/02/2021, 10:01 WIB
Naik motor saat musim hujan Foto: YamahaNaik motor saat musim hujan
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan pengendara sepeda motor mesti ekstra hati-hati. Jalan yang tergenang air, jalan rusak dan lainnya dapat meningkatkan potensi bahaya di jalan raya.

Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA, Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan banyak faktor yang memengaruhi pengguna motor di musin hujan.

Baca juga: Motor Terendam Banjir, Biaya Ganti Lampu LED Tembus Jutaan Rupiah

"Faktor pengendara, kendaraan, lingkungan atau cuaca sangat mempengaruhi saat berkendara di musim hujan," kata Anton dalam rilis resmi, Sabtu (20/2/2021).

Naik motor saat musim hujan Foto: Yamaha Naik motor saat musim hujan

Setidaknya ada lima hal yang mesti diperhatikan pengguna motor saat musim hujan. Lima hal tersebut mencakup kondisi kendaraan dan hal yang sebaiknya dilakukan pengendara.

Baca juga: Begini Cara Benar Keluarkan Air dari Motor yang Terendam Banjir

"Kita wajib menjalankan safety riding untuk menjaga diri sendiri dan pengendara lainnya, khususnya menghindari potensi bahaya saat berkendara di musim hujan," katanya.

1. Jaga jarak aman

Berkendara dalam kondisi hujan atau jalan yang basah diperlukan jarak yang aman untuk menghindari kecelakan, dikarenakan jalan lebih licin sehingga traksi atau daya cengkram pada roda motor berkurang

2. Selalu waspada

Berusaha untuk tetap fokus terhadap sekitar kita, baik itu kendaraan lain, jalan yang berlubang dan ada orang yang menyebrang.

Tetap waspada serta menjaga fokus akan membantu pengendara untuk mengatur kecepatan pada kecepatan yang aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X