Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atasi Kepadatan Dampak Genangan, Tol Jakarta-Cikampek Berlakukan Contraflow

Kompas.com - 20/02/2021, 17:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) memberlakukan rekayasa arus lalu lintas dengan skema contraflow di sebagian Tol Jakarta-Cikampek arah DKI Jakarta mulai pukul 15.00 WIB, Sabtu (20/2/2021).

Langkah ini diambil sehubungan dengan upaya mencairkan kepadatan yang terjadi imbas genangan karena Kali Jembe, Bekasi Timur pada Km 19 ruas terkait.

"Rekayasa berlangsung mulai dari Km 21 sampai Km 14 Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang mengarah ke DKI Jakarta," kata Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga di keterangannya.

Baca juga: Pertolongan Pertama pada Kabin Mobil yang Terendam Banjir

Ilustrasi berkendara saat hujan.Larmoyeux & Bone Ilustrasi berkendara saat hujan.

Ia juga melaporkan, saat ini genangan di Km 19 arah Jakarta terpantau berada di Bahu Jalan, Lajur (L) 1 s.d L3, hanya L4 yang dapat dilintasi oleh kendaraan.

Sementara, tempat peristirahatan sementara alias rest area Km 19 arah Cikampek masih dilakukan penutupan.

Selain melakukan rekayasa lalu lintas, Jasa Marga juga menempatkan petugas untuk melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi genangan, memfungsikan pompa yang juga bersinergi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) 1 unit dengan kapasitas 500 liter/menit serta membuat tanggul untuk menahan aliran air Kali Jambe.

Sedangkan untuk ruas tol lainnya yang berada di bawah naungan Jasa Marga, sampai saat ini sudah mulai beroperasi normal. Berikut daftar ruas yang masih dilakukan penanganan;

Baca juga: Tips Berkendara yang Aman Saat Melewati Banjir

Jalan tol banjir, Jasa Marga siagakan alat penyedot air untuk mengatasi genanganJasa Marga Jalan tol banjir, Jasa Marga siagakan alat penyedot air untuk mengatasi genangan

Tol Jakarta-Tangerang:
- Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1. L2 dan L3 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa.

- Km 24 arah Tangerang, saat ini terdapat genangan di L1. L2 s.d L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.

- Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di terowongan dan dilakukan penutupan total di off ramp. Kendaraan dialihkan dikeluarkan melalui GT Cikupa.

Tol Jagorawi:
- Km 3+800 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan di L1, L2 s.d L5 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

Tol Dalam Kota Jakarta:
- KM 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini dilakukan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas oleh petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com