Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Lama Diam Sambil Angkut Beban, Ban Bisa Benjol

Kompas.com - 21/09/2020, 18:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Truk merupakan kendaraan niaga yang biasanya mengangkut beban yang berat. Sedangkan ban merupakan komponen yang bisa fungsinya bisa terganggu ketika berurusan dengan beban.

Salah satu masalah yang bisa terjadi pada ban truk saat membawa beban yang berat yaitu ban benjol. Ban truk yang benjol bisa disebabkan truk yang diam, namun membawa beban, sehingga ban akan tertekan pada satu sisi yang menempel ke aspal.

Jika ban sudah benjol, tentunya harus diganti, karena akan lebih mudah bocor atau meledak ketika digunakan. Lalu apa sebenarnya penyebab dari ban benjol saat truk diam?

Baca juga: Hasil MotoGP Emilia Romagna 2020, Drama Kemenangan Vinales

Ban truk kembungTyredekho Ban truk kembung

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan, ban benjol terjadi karena adanya benang di samping ban yang putus atau terpisah (separation) satu sama lain.

“Memikul beban yang berlebihan dengan tekanan udara yang kurang bisa menjadi penyebab dari terpisahnya benang, sehingga ban menjadi gembung,” kata Zulpata kepada Kompas.com, belum lama ini.

Pemisahan antar benang ini bisa terjadi pada bagian samping atau dinding, sekitar bead, bahkan telapak. Oleh karena itu, sangat penting menjaga tekanan udara ban truk, walaupun sedang tidak beroperasi.

Baca juga: Saat Mobil Berhenti di Lampu Merah, Sebaiknya Aktifkan Handbrake atau Rem Kaki?

Independent Tire Analyst dan Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah & DI Yogyakarta, Bambang Widjanarko mengatakan, beban yang berat bisa akan menekan ban pada satu titik yang menempel ke tanah.

“Nanti ketika kembali berjalan, titik tersebut yang akan kembung. Sebaiknya jika truk terpaksa diam lebih dari dua hari, lebih baik muatannya diturunkan saja,” ucap Bambang kepada Kompas.com.

Benjol pada ban yang lama diam ini memang awalnya tidak terlihat. Baru keluar benjolnya saat truk mulai berjalan atau ketika pengemudi ingin menambah tekanan udaranya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com