Saat Mobil Berhenti di Lampu Merah, Sebaiknya Aktifkan Handbrake atau Rem Kaki?

Kompas.com - 20/09/2020, 12:22 WIB
Pedagang koran di lampu merah Kota Semarang dianggap mengganggu ketertiban umum, bahkan membahayakan lalu lintas. Dok. Pemkot SemarangPedagang koran di lampu merah Kota Semarang dianggap mengganggu ketertiban umum, bahkan membahayakan lalu lintas.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku berkendara di jalan raya sebaiknya juga menerapkan cara mengemudi yang aman.

Pedoman ini tidak hanya diterapkan saat mobil melaju saja, tetapi juga saat berhenti di lampu merah juga perlu melakukan cara aman ketika berhenti.

Ada cara berbeda saat berhenti di lampu merah yakni menggunakan handbrake atau rem tangan dan ada juga yang memilih menggunakan rem kaki.

Meski keduanya sama-sama bertujuan untuk menjaga agar mobil tidak bergerak, tetapi ternyata tingkat keamanannya tidaklah sama.

Baca juga: Saat Bayar Pajak STNK Asli Hilang, Bisa Pakai Foto Copy?

Director Training The Real Driving Center ( RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ketika berhenti di lampu merah sebaiknya pengemudi memfungsikan parking brake atau handbrake.

Penyebab utama tali rem tangan putusStanly/Otomania Penyebab utama tali rem tangan putus

Menurutnya, cara ini dirasa lebih aman untuk menahan mobil agar tidak bergerak selama berhenti dibandingkan saat menggunakan rem kaki.

“Saat berhenti di lampu merah sebaiknya menggunakan parking brake atau hand brake karena jauh lebih aman,” ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

Jika pengemudi menggunakan rem kaki, Marcell menambahkan, bisa saja mengalami terdistraksi yakni tidak fokus, sehingga tanpa sadar melepaskan kaki dari pedal rem.

Baca juga: Selama PSBB, Masyarakat Diimbau Bayar Pajak Kendaraan Tahunan Secara Online

Kondisi ini tentunya bisa membahayakan karena kendaraan bisa bergerak tanpa disadari pengemudi.

“Saat berhenti di lampu merah ada kemungkinan kita terdistraksi dan tanpa sadar melepas pedal rem,” katanya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X