Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Posisi Duduk di Bus yang Disukai Penumpang Bus, Hot Seat

Kompas.com - 09/09/2020, 16:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus antar kota antar provinsi (AKAP) merupakan alat transportasi darat yang bisa menjadi pilihan dalam bepergian. Ukuran bus yang besar, penumpang dapat memilih posisi duduk yang diinginkan saat memesan tiket.

Secara umum, posisi duduk di kabin bus bisa dibagi menjadi tiga, di depan, tengah, dan belakang.

Namun ada satu posisi bangku yang biasa disebut dengan hot seat pada bus AKAP, apa maksud dari istilah tersebut?

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, posisi duduk hot seat biasanya terletak di bangku paling depan, baik sisi kiri maupun kanan yang berada tepat di belakang pengemudi.

Baca juga: Resmi Meluncur, Simak Perbedaan New Yaris dengan Yaris Lama

kabin busKompas.com/Fathan Radityasani kabin bus

Hot seat biasanya sebutan untuk kursi paling depan, baik sisi kanan ataupun kiri. Alasan dinamai hot seat yaitu penumpang bisa melihat serunya aksi bus ketika melewati jalur Pantura,” kata Dimas kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Posisi duduk ini juga kerap menjadi pilihan penumpang yang senang dengan sensasi kebut-kebutan yang dilakukan oleh pengemudi. Karena, pandangan ke depan yang luas tanpa dihalangi oleh penumpang lain.

Selain memiliki pandangan yang luas ke depan, duduk di hot seat juga memiliki keuntungan, yaitu penumpang mendapatkan ruang kaki yang lebih luas. Tetapi ruang kaki yang luas ini hanya untuk bus dengan jumlah bangku yang sedikit, seperti kelas eksekutif.

Baca juga: Diskon Motor Sport 250 cc, Kawasaki Ninja 250 Lebih Murah Rp 10 Juta

“Tetapi jika naik bus yang lebih banyak kursinya, lebih luas ruang kaki di baris ke dua dan seterusnya. Karena ruang kaki akan terhalang sekat di depan, jadi kaki tidak bisa selonjor,” ucap Dimas.

Namun tren bodi bus sekarang yang menggunakan model kaca double glass, membuat pandangan ke depan agak terhalang dengan sekat pemisah antara kaca atas dan bawah. Sensasi duduk di hot seat akan lebih terasa saat naik bus dengan kaca tunggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com