Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2020, 15:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi membuat motor jadi mungil jamak dilakukan. Biasanya dibuat dengan mengganti ban yang lebih kecil dan memotong bodi supaya proporsinya jadi kecil ala pohon bonsai.

Tapi modifikasi yang dilakukan kali ini berbeda. Konsepnya memang membuat motor jadi kecil alias menyusut. Tapi caranya dengan memotong rangka tengah sehingga dimensi motor jadi pendek.

Baca juga: Choppy Cub Honda C70, Ramping Namun Kekar

Honda C70 ModifikasiFoto: Rideapart Honda C70 Modifikasi

 

Komposisi ban masih sama seperti versi standar. Tapi karena rangka dipotong di tengah, wheelbase atau jarak sumbu rodanya jadi mepet. Alhasil bentuknya jadi aneh meski dalam konteks ini lucu karena tidak biasa.

Bentuk ini tercipta sebab rangka tengah atau underbone dibuang sehingga dari komstir langsung mepet dengan sasis tangki. Sudut atau rake pun dibuat lebih tegak sehingga ban depan menjepit rangka.

Karena ruang mesin sudah diambil buat ban depan, posisi mesinnya diubah ke samping. Menariknya sang modifikator tidak hanya memasang satu mesin, tapi dua mesin di kiri-kanan, sehingga menyerupai mesin boxer.

Honda C70 modifikasiFoto: Rideapart Honda C70 modifikasi

Baca juga: Kenalkan, Honda C70 Papa Jahat Bermesin 600 cc

Posisi mesin tersebut terletak dari posisi footstep sampai suspensi belakang. Melihat peletakan mesin, tampak sang modifikator merencanakannya dengan baik karena bisa pas di motor.

Sayangnya belum ada penjelasan apakah kedua mesinnya hidup atau hanya salah satu saja. Tapi melihat sproket belakang ada dua maka cukup ekstrem jika kedua mesin bergerak bersamaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber rideapart
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.