Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Mobil Favorit Selama 2016

Kompas.com - 03/01/2017, 16:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Pittsburgh, KompasOtomotif – Perusahaan pemasok cat untuk mobil di seluruh dunia, Pittsburgh Plate Glass (PPG), merilis data kalau 38 persen mobil yang dijual pada 2016 lalu adalah warna putih. Kemudian warna populer kedua adalah hitam dengan komposisi 16 persen.

Mengutip Autoevolution, Selasa (3/1/2017), warna laris lain yang kontribusinya masih ada di angka dua digit, yaitu silver 12 persen dan abu-abu 10 persen. Keempat warna tersebut lebih banyak dipilih konsumen, dengan akumulasi mencapai 75 persenan.

Beralih ke warna dengan popularitas satu digit, warna alami (emas, kuning, oranye, coklat) dan merah ada di posisi kelima dengan sumbangan masing-masing 8 persen. Lalu biru Biru 7 persen, dan diikuti oleh hijau 1 persen, serta warna lainnya kurang dari 1 persen.

Menurut data PPG 2016, putih paling banyak ditemukan di kawasan Asia-Pasifik, di mana mencapai 47 persen, dari semua kendaraan yang dijual.  Jane Harrington, PPG Manager, Color Styling, Automotive Original Equipment Manufacturer (OEM) Coatings mengatakan, meski didominasi warna putih, tapi masih banyak lagi variasi warna berdasarkan pasar dan jenis mobil.

“Seperti kalau warna silver adalah warna untuk kendaraan kompak seperti di Amerika Utara misalnya, sementara hitam lebih disukai untuk mobil sport. Data juga menunjukkan bahwa pria lebih memilih warna-warna metalik dibanding perempuan,” ujar Harrington.

Berikut tren popularitas warna mobil di empat pembagian wilayah.

Amerika Utara, putih 25 persen, kemudian hitam dan silver masing masing 19 persen, lalu abu-abu 12 persen, dan merah dan biru sama-sama 10 persen.

Amerika Selatan, putih 37 persen, kemudian kedua terkuat silver 29 persen, sementara hitam 12 persen, abu-abu 10 persen dan merah 8 persen.

Eropa, putih 33 persen diikuti oleh abu-abu 18 persen, hitam 16 persen, perak 10 persen, biru 8 persen, dan warna alami serta merah masing-masing di 7 persen.

Asia Pacific, putih 47 persen, di mana ini paling banyak dibanding wilayah lain, sedangkan hitam 14 persen. Lalu warna alami 11 persen, silver 10 persen dan dibututi merah sebesar 7 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com