Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Warna Putih Pabrikan Cuma Ikuti Tren

Kompas.com - 27/10/2016, 12:44 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Belakangan, banyak produsen sepeda motor dan mobil yang menyematkan lampu warna putih terhadap produknya. Banyak jenis, mulai dari LED sampai Xenon dengan teknologi proyektor. Tapi, tahukah Anda kalau lampu warna putih akan merepotkan saat hujan?

Baca: Bahaya di Balik Sinar Lampu Putih Saat Hujan

Sony Susmana, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), menegaskan soal bias lampu putih LED. Saat bertemu dengan kabut atau titik-titik hujan, justru cahayanya memantul kembali. Menariknya, justru lampu jenis ini yang kini mulai marak digunakan sebagai fitur standar.

”Saya melihatnya karena tren. Dari sisi safety sih kurang, dan saya yakin mereka (pabrikan) paham soal lampu yang lebih aman itu seperti apa kriterianya,” kata Sony, (26/10/2016), kepada KompasOtomotif.

Sony pun lebih menyarankan untuk pengguna pandai-pandai memilih produk yang mencakup kriteria keamanan lebih banyak, meski banyak juga fitur yang tak akan terpakai langsung.

”Sekarang mobil atau motor dilengkapi ini dan itu, kita sendiri yang memilih, keputusan ada di tangan pembeli, mana yang lebih baik menurut mereka,” kata Sony.

Dia pun menyarankan bahwa membeli mobil atau motor, sebaiknya tetap menjadikannya sebagai model standar. Ukuran pabrikan dan modifikasi akan sangat jauh bedanya, apalagi jika diukur benar-benar dari sisi keselematan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com