Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Jepang

Ini Teknologi Parkir Hasil Pengembangan Toyota

Kompas.com - 30/08/2016, 08:02 WIB

Yokohama, KompasOtomotif - Toyota terus mengembangkan teknologi untuk memudahkan pengemudi saat memarkir mobil. Cakupan teknologi yang dikembangkan seputar bantuan dalam hal pandangan dan kemudahan manuver saat parkir.

Beberapa pengembangan yang sudah diluncurkan antara lain:

Ultrasonic Waves Clearance Sonar (UWCS)

Dikembangkan untuk membantu pengemudi mendeteksi jarak obyek-obyek dengan kendaraan. Menggunakan sensor gelombang ultrasonik yang instrumennya ditempatkan di setiap sudut-sudut bemper. Pengemudi akan menerima info jarak kendaraan ke obyek yang berpotensi jadi penghalang.

UWCS akan memberitahu pengemudi dengan suara dan lampu layar. Ada juga steering-sensor yang menggunakan manuver kemudi dan sudut. Fungsinya mendeteksi jarak mendekati rintangan dan memberitahu pengemudi dengan indikasi cahaya sonar dan buzzer.

Back Guide Monitor (BGM)

Teknologi ini untuk membantu pengemudi saat parkir di garasi atau area lain. Melalui kamera di bagian belakang kendaraan, pengemudi bisa memantau situasi di belakangnya.

Ditambah dengan garis pedoman yang muncul di monitor guna memudahkan pengemudi mengonfirmasi tempat parkir. Peralatan ini membantu pengemudi untuk memudahkannya saat memarkir kendaraan, dalam situasi apapun.

Intelligent Parking Assist (IPA)

Sistem ini sangat membantu saat pengemudi harus parkir secara paralel atau di garasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com