Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguji Performa dan Efisiensi Daya Hyundai Kona Electric

Kompas.com - 31/08/2024, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Kona Electric memiliki tampilan yang baru, baik secara eksterior maupun interior. Tentunya, ubahan juga dilakukan oleh Hyundai pada bagian sumber tenaga.

Kona Electric yang diuji oleh redaksi Kompas.com adalah tipe Signature Long Range. Tipe ini dibekali dengan baterai berkapasitas 66 kWh. Tenaga yang dihasilkan mencapai 160 kW dengan torsi 255 Nm.

Baca juga: Mengulik Fitur Unggulan Hyundai Kona Electric

Menguji kemampuan akselerasi Kona Electric menggunakan Racelogic. Untuk 0-100 kpj, Kona Electric dapat menyelesaikan dalam waktu 8,1 detik.

Posisi berkendara Hyundai Kona ElectricKompas.com/Donny Posisi berkendara Hyundai Kona Electric

Pengujiian akselerasi tersebut dilakukan dengan menggunakan mode Sport dan tanpa mengaktifkan pengereman regeneratif. Sementara kabin, diisi oleh dua orang penumpang dewasa dengan total bobot sekitar 120 kg.

Sedangkan untuk efisiensi dayanya, Kona Electric dites dengan simulasi penggunaan harian. Setelah digunakan untuk berkendara sejauh 37,2 km, tercatat efisiensi daya yang dihasilkan mencapai 5,9 km/kWh.

Baca juga: Merasakan Kenyamanan Berkendara Hyundai Kona Electric

Angka tersebut didapatkan dengan mode berkendara Eco dan pengereman regeneratif maksimal alias menggunakan i-Pedal. Untuk AC, disetel pada temperatur paling rendah, tapi dengan kecepatan kipas di level 1.

Hyundai Kona Electric Signature Long RangeKompas.com/Donny Hyundai Kona Electric Signature Long Range

Sementara untuk kondisi lalu lintasnya, cukup dinamis, karena pengetesan dilakukan saat siang hari menuju sore hari. Gaya berkendara yang diterapkan juga normal dengan kabin diisi oleh pengemudi dengan berat badan 60 kg.

Perlu diketahui, efisiensi daya yang dihasilkan setiap pengendara bisa berbeda-beda. Sebab, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhinya, seperti beban yang dibawa, kondisi lalu lintas, gaya berkendara, tekanan udara pada ban, dan masih banyak faktor lainnya.

Baca juga: Hyundai Bakal Bikin Mobil Hybrid dari Segmen Bawah sampai Atas

Hyundai Kona Electric Signature Long RangeKompas.com/Donny Hyundai Kona Electric Signature Long Range

Hyundai mengeklaim jarak tempuh Kona Electric mencapai 549 km dengan kapasitas baterai 66 kWh. Namun, berdasarkan hasil pengujian redaksi, dengan efisiensi daya sebesar 5,9 km/kWh, artinya Kona Electric dapat menempuh jarak hingga 389,4 km.

Kona Electric ditawarkan dalam lima varian, dengan harga terendah mulai Rp 499 juta (OTR Jakarta). Sementara untuk varian tertinggi, harganya mencapai Rp 590 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau