Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Usia, Kondisi Ban Mobil Jadi Kunci Utama Keamanan Pemakaian

Kompas.com - 14/09/2024, 07:22 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Ban mobil merupakan komponen penting, memegang peran dalam menjamin keamanan dan kenyaman berkendara karena satu-satunya bagian yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Memiliki peran penting, membuat ban mobil harus dijaga kualitas dan performanya secara berkala agar dapat berfungsi optimal di berbagai kondisi jalan.

Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk, mengatakan, ban mobil tidak ada kedaluwarsanya, selama kondisinya masih bagus maka masih aman digunakan.

Baca juga: Coolant Jadi Hal Penting buat Operasional Truk Tambang

Ganti ban mobil merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh setiap pengemudi mobil.Seva Ganti ban mobil merupakan keterampilan dasar yang harus dikuasai oleh setiap pengemudi mobil.

“Tidak perlu ganti selama ban masih bagus, karena ban tidak ada kedaluwarsanya, tidak ada expired-nya selama kondisi fisiknya masih bagus, tidak ada sobek dan tidak ada benjolan,” kata Zulpata kepada Kompas.com, Kamis (12/9/2024).

Zulpata juga mengatakan, jika ketinggian telapak ban sudah mencapai batas Tread Wear Indicator kemampuan cengkraman, hingga manuver akan menurun, sehingga perlu diganti.

“Kalau ketinggian telapak ban sudah mencapai Tread Wear Indicator (TWI), atau sekitar kurang dari 1,4 mm ketinggian telapaknya, kemampuan cengkeraman, pengereman dan manuver ban mobil akan berkurang,” katanya.

Baca juga: Jangan Sepelekan Lampu Rem Mobil yang Mati


Selain itu, jika ada pendapat yang mengatakan ban mobil harus ganti ketika sudah lima tahun pemakaiannya, sebenarnya juga harus didasari pada pertimbangan kondisi fisik.

“Benar sekali, kalau tidak ada kerusakan, ban aman dipakai tanpa lihat kode produksi ban, selain itu perawatan ban juga diperlukan,” kata Zulpata.

Zulpata menyarankan, pemilik mobil untuk selalu memonitor tekanan ban secara berkala, cek juga kerusakan atau benda-benda asing yang menempel, seperti kerikil, benda tajam dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau