Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuk Rekor Dunia, Konsumsi BBM Toyota Prius Tembus 39 Kpl

Kompas.com - 14/09/2024, 07:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Prius baru saja memecahkan rekor dunia Guinness (Guinness World Record) karena menjadi mobil hybrid yang menghasilkan konsumsi bahan bakar terendah.

Dikutip dari Carscoops, Jumat (13/9/2024), Toyota Prius yang dikemudikan oleh Wayne Gerdes menempuh perjalanan dari pantai barat ke pantai timur Amerika Serikat, tepatnya dari dari Balai Kota Los Angeles sampai ke Balai Kota New York, dengan total perjalanan sejauh 3.211 mil atau 5.168 Km.

Mobil hybrid Toyota itu mencapai penghematan bahan bakar rata-rata 93,159 mil per galon (MPG) atau sekitar 39,62 Km per liter.

Baca juga: Coolant Jadi Hal Penting buat Operasional Truk Tambang

Sepanjang perjalanan, Wayne Gerdes menceritakan bahwa dirinya mengalami berbagai tantangan seperti medan yang beragam. Mulai dari jalur menanjak hingga 7.000 kaki, serta suhu ekstrem di Gurun Mojave yang mencapai 105 derajat Fahrenheit. Namun, Toyota tetap menunjukkan efisiensi bahan bakar yang baik.

Toyota PriusDoc Carscoops Toyota Prius

“Untuk upaya pemecahan rekor seperti ini, dibutuhkan banyak perencanaan. Anda tidak bisa melakukan hal ini begitu saja. Anda harus memiliki rencana itu. Tetapi Anda juga harus bisa bekerja dengan cepat,” ucap Gerdes.

“Jadi, jika ada hal-hal yang berubah, Anda harus mengubah rencana, mengubah rute. Cari tahu apa yang bisa Anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut,” lanjutnya.

Baca juga: Tanda Rem Motor Minta Diservis, Kenali Sebelum Terlambat

Hasil pengetesan yang dilakukan oleh Wayne Gerdes, mendapat perhatian banyak pihak. Tak terkecuali Toyota yang turut memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Gerdes.

“Prius telah membuat kami semua terkesan selama 23 tahun terakhir, dan sejujurnya, Prius terus membuat kami kagum hingga saat ini. Rekor dunia untuk MPG tertinggi bagi kami hanyalah satu lagi bukti bahwa Prius benar-benar merupakan keajaiban teknik,” ucap Wakil Presiden Grup Pemasaran Kendaraan Toyota, Michael Tripp.

Bicara soal Toyota Prius Hybrid, dibekali mesin 2.0 liter 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimum 194 hp. Tenaga tersebut disalurkan melalui Electronically controlled Continuously Variable Transmission (ECVT), dengan penggerak Front Wheel Drive (FWD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau