Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Fitur Unggulan Hyundai Kona Electric

Kompas.com - 24/08/2024, 11:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai banyak memberikan ubahan yang cukup signifikan pada Kona Electric. Tidak hanya pada eksterior dan interiornya saja, tapi juga fitur-fitur yang disematkan.

Pada generasi terbaru Kona Electric, Hyundai banyak menyematkan fitur canggih yang dapat menunjang kenyamanan, keselamatan, hingga keamanan penggunanya. Apalagi, pada varian tertinggi, Signature Long Range, fiturnya tidak jauh berbeda dengan Ioniq 5 dan Ioniq 6.

Fitur Hyundai Kona ElectricKompas.com/Donny Fitur Hyundai Kona Electric

Baca juga: Bahas Desain Eksterior Hyundai Kona Electric yang Unik

Untuk menunjang kenyamanan, Kona Electric memiliki fitur Dual Zone Climate. Fitur ini tidak hanya menambah kenyamanan, tapi juga bisa menghemat konsumsi daya. Jika sedang berkendara sendiri, cukup aktifkan "Driver Only".

Fitur Hyundai Kona ElectricKompas.com/Donny Fitur Hyundai Kona Electric

Kemudian, joknya juga sudah dilengkapi dengan mode "Heated/Ventilated Seats". Fitur ini tidak hanya disematkan pada jok pengendara, tapi juga penumpang di baris depan.

Hyundai juga menyediakan cukup banyak power outlet untuk mengecas ponsel, ditambah juga dengan wireless charging pada konsol tengah. Fitur unggulan lainnya adalah "Vehicle-to Load" atau V2L. Sehingga, penggunanya bisa mengecas laptop atau menggunakan perangkat elektronik rumahan lainnya.

Fitur Hyundai Kona ElectricKompas.com/Donny Fitur Hyundai Kona Electric

Baca juga: Mengulas Interior Hyundai Kona Electric, Terasa Familier

Hyundai juga menyematkan teknologi Bluelink. Dengan adanya Hyundai Bluelink, pengguna mobil ini bisa memantau kondisi atau bahkan mengoperasikan beberapa fiturnya hanya melalui smartphone. Selain itu, terdapat juga bantuan darurat dengan menghubungi Call Center Hyundai melalui tombol yang ada di plafon.

Fitur Hyundai Kona ElectricKompas.com/Donny Fitur Hyundai Kona Electric

Tentunya, All New Kona Electric juga sudah dibekali dengan teknologi sistem bantuan pengemudi atau Advanced Driver Assistance Systems (ADAS). Teknologi ini meliputi banyak fitur canggih, seperti Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Smart Cruise Control with Stop and Go, Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan masih banyak lainnya.

Namun, sedikit catatan bagi pengendara yang tidak terbiasa dengan ADAS, khususnya fitur FCA. Jika fitur ini diaktifkan, mobil bisa mengambil tindakan sendiri berupa pengereman darurat jika terdeteksi akan menabrak objek di depannya.

Hyundai Kona Electric Signature Long RangeKompas.com/Donny Hyundai Kona Electric Signature Long Range

Pada satu sisi, fitur ini membantu agar mobil terhindar dari tabrakan depan. Tapi, di sisi lain, saat pengereman mendadak, belum tentu kendaraan di belakang kita menjaga jarak dengan baik atau bahkan sigap juga untuk melakukan pengereman. Sehingga, ada risiko ditabrak dari belakang ketika mobil melakukan pengereman darurat secara otomatis.

Secara keseluruhan, fitur-fitur yang ada pada All New Kona Electric cukup lengkap dan terbilang canggih. Mobil listrik produksi Indonesia ini dibanderol mulai Rp 499 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 590 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau