Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai dan GM Jalin Kerjasama, Siap Bikin Mobil Baru

Kompas.com - 14/09/2024, 17:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak produsen mobil saat ini berkolaborasi dengan produsen lainnya. Bukan lagi saling menyaingi, tapi berkolaborasi, itulah yang dilakukan Hyundai dan General Motors (GM).

Dalam upaya mengurangi biaya dan meningkatkan daya saing, Hyundai dan GM menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk menjajaki peluang kolaborasi dalam kendaraan masa depan, peningkatan rantai pasokan, dan teknologi energi bersih.

Dikutip dari Carscoops.com, Sabtu (14/9/2024), MoU tersebut ditandatangani oleh Hyundai Motor Group Executive Chair Euisun Chung dan CEO GM Mary Barra. Langkah selanjutnya adalah kedua belah pihak akan mendiskusikan berbagai peluang dan berupaya mencapai kesepakatan yang mengikat.

Baca juga: Ulasan Lengkap Hyundai Kona Electric, Desain hingga Biaya Kepemilikan

"Kemitraan ini akan memungkinkan Hyundai Motor dan GM untuk mengevaluasi peluang dalam meningkatkan daya saing di pasar utama dan segmen kendaraan, serta mendorong efisiensi biaya dan memberikan nilai pelanggan yang lebih kuat melalui keahlian gabungan dan teknologi inovatif kami," ujar Chung.

Hyundai dan GM resmi berkolaborasiDok. Carscoops.com Hyundai dan GM resmi berkolaborasi

Hyundai dan GM nantinya akan berkolaborasi untuk menciptakan kendaraan penumpang dan komersial di masa depan, serta mesin pembakaran internal, listrik, dan hidrogen.

Kedua grup otomotif ini juga akan mempertimbangkan sumber gabungan dalam bahan baku baterai, baja, dan area lainnya, yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dari skala ekonomi.

Baca juga: Hyundai Resmikan Fasilitas Bodi dan Cat di Bekasi

Disebutkan bahwa Hyundai dan GM bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan daya saing. Berkolaborasi dalam bidang strategis utama akan membantu mengurangi biaya penelitian dan pengembangan, serta mempersingkat waktu pengembangan untuk produk masa depan.

"GM dan Hyundai memiliki kekuatan yang saling melengkapi dan tim yang berbakat. Tujuan kami adalah membuka skala dan kreativitas kedua perusahaan untuk menghadirkan kendaraan yang lebih kompetitif kepada pelanggan dengan lebih cepat dan lebih efisien,” ujar Mary.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau