Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Jasa Inspeksi Mobil Bekas untuk Cegah Kerugian Besar

Kompas.com - 02/07/2024, 19:01 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar mobil bekas hingga kini masih menjadi sasaran calon pembeli dari berbagai kalangan. Orang memilih mobil bekas karena berbagai alasan, seperti harga yang lebih terjangkau dan ketersediaan berbagai model yang tidak lagi diproduksi.

Namun, dengan semakin banyaknya opsi, kebutuhan akan layanan inspeksi mobil bekas yang andal dan independen menjadi semakin mendesak.

Keandalan inspeksi mobil bekas sangat penting untuk memastikan bahwa calon pembeli mendapatkan informasi yang akurat dan jujur tentang kondisi kendaraan yang akan mereka beli. Inilah peran inspektor mobil bekas seperti Amin dari Tems Check menjadi sangat penting.

Baca juga: Video Pria Tambal Ban Pakai Bubuk Kopi, Begini Penjelasannya

Amin, seorang inspektor mobil bekas berpengalaman dari Tems Check, menegaskan pentingnya independensi dalam menjalankan tugasnya.

"Jasa inspeksi itu harus independen, tidak boleh memihak," kata Amin kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2024).

Ilustrasi inspeksi mobil bekas oleh jasa inspeksi.Cek Mobil Gue Ilustrasi inspeksi mobil bekas oleh jasa inspeksi.

Keindependenan ini tidak hanya memberikan jaminan kepada pembeli bahwa laporan yang mereka terima adalah objektif dan jujur, tetapi juga membantu menjaga integritas.

Menurut Amin, tugas utama seorang inspektor adalah menjelaskan secara rinci hasil inspeksi kendaraan.

"Kita urusannya adalah bagaimana menjelaskan serinci-rincinya hasil dari inspeksi, apa masalahnya, mesin, kaki-kaki, pendingin, bekas banjir atau enggak," jelasnya.

Baca juga: Nmax Turbo Tanpa Kode Error, Ini yang Terjadi saat CVT Bermasalah

Dengan memberikan informasi yang lengkap dan akurat, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih baik dan terinformasi mengenai pembelian mobil bekas mereka.

Hal ini sangat penting dalam memastikan bahwa pembeli tidak mengalami kerugian atau masalah besar setelah transaksi dilakukan.

Sebagai inspektor mobil, Amin juga akan mengestimasi biaya perbaikan yang kira-kira yang harus dikeluarkan oleh klien setelah yakin membeli mobil incarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com