Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada Pohon Tumbang dan Jalan Licin Ketika Berkendara Saat Hujan

Kompas.com - 04/07/2024, 18:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai angin kencang melanda Jakarta kemarin sore, Rabu (3/7/2024), ini menyebabkan beberapa pohon tumbang dan genangan air di berbagai wilayah.

Selain itu, kondisi ini membuat jalanan semakin padat, apalagi bertepatan dengan jam pulang kerja.

Seperti yang terlihat pada video unggahan X(Twitter) @fedeltagaming, yang memperlihatkan sekitar Jalan Jenderal Gatot Subroto ada pohon tumbang, dan kondisi lalu lintas yang padat. Bahkan juga terlihat angin yang cukup kencang.

Baca juga: Diskon LMPV di Juli 2024, Ertiga Hybrid Tembus 32 Juta

 

Jika melihat kondisi lalu lintas dalam video tersebut, pengendara sepeda motor harus lebih berhati-hati karena jalan licin, ramai dan ditambah banyak pohon tumbang.

Agus Sani, Head of Promotion Safety Riding Wahana Honda mengatakan, saat hujan dan disertai angin kencang pengendara motor harus tahu bahwa ini berbahaya.

“Bahayanya jika kita berkendara pada kondisi angin kencang adalah bisa hilangnya keseimbangan pada sepeda motor yang dapat menyebabkan pengendara terjatuh,” kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Agus juga mengatakan, bahaya lain seperti benda-benda yang berterbangan bisa mengenai pengendara motor, dan kemungkinan paling fatal adalah tertimpa pohon atau papan iklan di jalan akibat angin kencang.

Baca juga: Alasan Juru Parkir Liar di Puncak Sulit Diberantas

Ilustrasi berkendara saat hujanfederaloil.co.id Ilustrasi berkendara saat hujan

Maka dari itu, Sony mengatakan, pengendara harus selalu memastikan pandangan mata fokus melihat ke depan.

“Fokus melihat jauh ke depan agar setiap potensi bahaya yang ada di depan bisa segera diantisipasi,” kata Agus.

Selain itu, kurangi penggunaan rem depan secara mendadak saat melewati jalan basah. Pada kondisi seperti ini, jalan lebih licin dan rawan terjadi selip sehingga memungkinkan pengendara terjatuh.

“Ketiga, tahan putaran gas dan tetap konstan pada kecepatan rendah saat melewati jalanan banjir. Hal ini untuk meminimalisir masuknya air dari lubang knalpot," kata Agus.

Terakhir, saat kondisi angin kencang kurangi kecepatan karena pengendara bisa dengan mudah kehilangan keimbangan akibat hempasan angin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com