Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Sopir Truk Menjelaskan Bahaya Blind Spot pada Kendaraan Besar

Kompas.com - 04/07/2024, 06:22 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video memperlihatkan seorang sopir truk memperlihatkan bahaya dari blind spot atau titik buta saat berada di dekat kendaraan besar.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun Instagram bernama @lowslowmotif, Rabu (3/7/2024). Dalam tayangan itu terlihat sopir truk yang memperlihatkan pemandangan dari kabin.

Mulanya hanya terlihat mobil pikap berwarna putih, namun ketika kamera ditunjukkan ke bawah, terlihat pengendara motor yang berada tepat di depan truk tersebut.

“Bawa mobil besar kalau gak sering lihat spion bahaya banget,” tulis unggahan tersebut.

Baca juga: Selandir, Mobil Karya Siswa SMKN 1 Lingsar Ikut Kompetensi Shell Eco-Marathon

Unggahan ini menunjukkan bahwa pengendara motor atau pengguna jalan lain perlu memperhatikan posisi mereka dengan seksama saat berada di sekitar kendaraan besar. Karena kendaraan besar seperti truk atau kendaraan yang membawa muatan besar memiliki blind spot atau titik buta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Lowslowmotif (@lowslowmotif)

Untuk diketahui, blind spot sendiri merupakan area sekeliling kendaraan, yang gagal terlihat atau terhalang untuk dilihat oleh pengemudi. Itu yang kemudian membuat area tersebut berbahaya, bukan hanya buat kendaraan itu sendiri, melainkan juga kendaraan lainnya. Jadi perlu diketahui titiknya agar bisa waspada.

“Jangan dekat-dekat dengan kendaraan besar karena titik butanya banyak. Tidak hanya di belakang atau samping, tapi juga di depan,” kata Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana.

Menurut Sony, semakin pengendara lain dekat dengan kendaraan besar maka risiko tertabrak atau terserempet semakin tinggi.

Baca juga: Bocoran Bus Baru PO Bagong, Pakai Bodi Discovery SR3

“Lantas berapa jarak idealnya? Sesuai dengan tinggi dan panjang kendaraan besar tersebut. Misal, tinggi truk 4 meter, berarti jarak yang aman di samping truk 4 meter dan di depan truk juga 4 meter. Jika begitu, sudah pasti terlihat oleh pengemudi truk,” ucap Sony.

“Jangan berpikir kalian pasti terlihat, karena semakin kecil kendaraan yang digunakan, maka akan semakin tidak terlihat,” lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com