Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Modus Pecah Kaca Mobil, Perhatikan Lokasi Parkir

Kompas.com - 04/07/2024, 16:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencurian dengan modus pecah kaca mobil semakin marak terjadi. Seperti yang belum lama ini terjadi di jalan Daan Mogot, Jakarta Barat, tepatnya di depan rumah makan Raja Minang.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Jakarta Barat 24 Jam itu tampak dua orang lelaki yang melakukan aksi pencurian dengan cara memecah kaca mobil.

Nekatnya, aksi pencurian tersebut dilakukan pada siang hari, di mana kondisi lalu lintas tengah ramai. Namun, hingga aksi pencurian itu selesai dilakukan tidak ada satupun pengguna jalan yang menyadarinya.

Baca juga: Fasilitas Lengkap Diler BYD Harmony Sudirman

Belajar dari kejadian ini, pemilik kendaraan harus ekstra hati-hati saat memarkir mobil di pinggir jalan. Sebab aksi pencurian dengan modus pecah kaca mobil bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by JAKBAR 24 JAM (@jakartabarat24jam)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengendara mobil jangan pernah merasa aman ketika memarkirkan kendaraannya dengan sembarangan seperti di trotoar, pinggir jalan, atau tempat yang tidak memiliki penjagaan resmi.

“Penjahat sekarang sudah lebih nekat dan cuek, sekalipun terang atau ramai, itu pasti jadi target kejahatan,” kata Sony saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2024).

Baca juga: Komitmen AHM buat Keselamatan Berkendara di Indonesia

Menurut Sony, lokasi parkir penting untuk diperhatikan oleh pemilik mobil. Selain itu, pemilik kendaraan jangan sampai teledor melakukan kesalahan dengan menaruh barang berharga di kabin.

Meskipun menggunakan kaca film yang gelap, hal tersebut tidak bisa mencegah, justru mengundang penasaran para penjahat untuk mengintip.

“Kejahatan pecah kaca atau apapun sudah pada pintar, mereka bisa melakukan aksinya dalam hitungan kurang dari satu menit. Pengamanan yang paling efektif bukan alarm, kaca film, kamera atau kunci pengaman, tapi keputusan memarkir kendaraannya dengan benar,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com