Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal MotoGP Belanda 2024, Balapan Pukul 19.00 WIB

Kompas.com - 30/06/2024, 11:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri kedelapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, akan berlangsung Minggu, (20/6/2024). Balapan diprediksi akan menampilkan pertarungan yang menarik.

Sirkuit Assen memiliki panjang 4,5 km dan sudah digunakan balapan Grand Prix sejak 1950'an. Assen selalu menarik sebab punya lebar trek yang tebilang sempit, berkelok, serta perubahan arah angin yang cepat.

Pebalap tim pabrikan Ducati, Francesco Bagnaia akan jadi pebalap favorit di Assen 2024. Bagnaia akan bersaing dengan pebalap Pramac Ducati, Jorge Martin yang saat ini berada di puncak klasemen.

Baca juga: Pecinta Roda Dua di Serpong Punya Tempat Baru untuk Belanja Aksesori

Jorge MartinInstagram @89jorgemartin Jorge Martin

Di atas kertas Bagnaia lebih unggul di Assen daripada pebalap lain. Pebalap asal Italia itu sebelumnya merupakan juara di Assen selama dua musim berturut-turut yaitu pada 2022 dan 2023.

Kini Bagnaia bertekad melengkapi kemenangan ketiganya di Assen. Selain itu jebolan VR46 Academy tersebut juga belum terkalahkan sejak MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello di seri terakhir lalu.

Baca juga: Mitsubishi Triton Ralliart 2025 Bakal Dielektrifikasi

Namun di sisi lain Martin akan jadi batu sandungan buat Bagnaia. Pebalap asal Spanyol yang musim depan pindah ke Aprilia itu bertekad untuk meraih poin dan mempertahankan posisinya saat ini.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Italia 2024

Baca juga: Tips Mengemudi Aman di Jalan Pegunungan

Pebalap lain yang juga diperhitungkan di Assen ialah pebalap Aprilia Racing, Maverick Vinales yang berada di posisi ketiga saat Sprint Race, Sabtu (29/6/2024).

Selain itu pebalap Gresini Racing Marc Marquez ditengarai juga akan memberi kejutan di Assen. Saat masih di Honda, pebalap berjuluk Baby Alien punya catatan yang baik di sirkuit legendaris Eropa tersebut.

Saat ini klasemen pebalap MotoGP masih dikuasai pebalap Ducati. Jorge Martin posisi pertama dengan raihan 180 poin, Bagnaia posisi kedua dengan 165 poin, dan Marquez posisi ketiga dengan 136 poin.

Jadwal balap Minggu, 30 Juni 2024

MotoGP WUP: 14:40-14:50 WIB
Moto3: 16:00 WIB
Moto2: 17:15 WIB
MotoGP: 19:00 WIB

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com