Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Konsumsi BBM Generasi Terbaru Honda Freed, Tembus 25 Kpl

Kompas.com - 02/07/2024, 08:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda belum lama ini meluncurkan Freed generasi anyar di Jepang. Multi purpose vehicle (MPV) asal negeri Matahari Terbit ini hadir dengan gaya yang lebih modern serta ukuran yang sedikit lebih besar dibanding model sebelumnya.

Secara tampilan, Freed terbaru hadir dengan desain yang lebih minimalis. Mobil ini dibekali dengan dua pilihan varian yakni Standar Air dan Crosstar. Secara keseluruhan, keduanya nyaris serupa, hanya saja untuk varian Crosstar dibekali desain yang lebih tangguh dan sporty.

Perbedaan paling ketara antara varian Standar Air dan Crosstar ada di bagian depan, di mana Standar Air lebih sederhana dengan garis horisontal, sementara varian Cross lebih gagah dengan gril kotak aksen aluminium.

Baca juga: Porsche Recall Taycan di Seluruh Dunia, Bagaimana Indonesia?

Tak hanya itu, bagian bumper versi Crosstar dibuat lebih tebal, sementara untuk Air lebih simpel dengan warna yang senada dengan bodi mobil.

Bagian samping juga cukup berbeda. Freed Crosstar memiliki overfender berwarna hitam sehingga tampilannya lebih gagah. Desain pelek juga terlihat lebih kompleks jika dibandingkan versi Air yang hadir tanpa overfender.

Honda Freed generasi terbaruDoc Carscoops Honda Freed generasi terbaru

Beralih ke bagian kabin, Freed terbaru dibekali konfigurasi enam penumpang, termasuk baris ketiga yang dapat dilipat ke atas. Freed Crosstar juga tersedia dalam konfigurasi dua baris lima tempat duduk yang memprioritaskan ruang bagasi. Kedua model ini dilengkapi dengan jok kursi anti noda dan anti gores.

Dikutip dari laman Honda Japan, Jumat (28/6/2024), All New Freed tersedia dalam pilihan mesin bensin dan hibrida. Mesin bensin L15D 1.5L naturally-aspirated (NA) inline-four yang menghasilkan tenaga 118 Ps (117 Hp) pada 6.600 rpm dan torsi 142 Nm pada 4.300 rpm.

Sementara pilihan mesin lainnya adalah sistem dual motor e:HEV Honda dengan kapasitas 1.5L yang menghasilkan tenaga 106 Ps atau 105 Hp pada 6.000-6.400 rpm dan 127 Nm pada 4.500-5.000 rpm.

Mesin tersebut berguna sebagai generator untuk baterai lithium-ion 48-Ah, yang selanjutnya akan menggerakan motor listrik, sehingga menghasilkan daya maksimal 123 Ps atau 121 Hp dan torsi 253 Nm.

Honda Freed generasi ketiga resmi meluncur di Jepang. Foto: Carscoops.com Honda Freed generasi ketiga resmi meluncur di Jepang.

Dengan mesin tersebut, konsumsi BBM Honda Freed diklaim cukup irit. Masih berdasarkan sumber yang sama, Honda Freed generasi baru memiliki konsumsi bahan bakar 14,4-16,4 Km per liter untuk tipe non hybrid baik Air maupun Crosstar.

Sementara untuk tipe hybrid Air dan Crosstar, memiliki efisiensi bahan bakar 21,1-25,5 Km per liter.

Baca juga: Mobil Listrik Ferrari Tertangkap Kamera Sedang Tes Jalan

Menyoal harga, Honda Freed anyar dibanderol mulai 2.508.000 Yen atau sekitar Rp 255 juta untuk tipe Air, hingga 3.437.500 Yen atau Rp 349 juta untuk tipe paling mahal dari e:HEV Crosstar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com