Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi Jualan, Kenali Sistem Berlangganan Baterai Mobil Listrik VinFast

Kompas.com - 02/07/2024, 09:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - VinFast resmi menjual dua produk terlarisnya di pasar nasional, yakni VF e34 dan VF 5 dengan harga yang terjangkau. Membuat pasar kendaraan listrik dalam negeri semakin beragam.

Menariknya semua produk tersebut dipasarkan dengan dua skema yaitu dengan sewa atau berlangganan baterai (subscription) dan pembelian bersama baterai langsung.

CEO VinFast Indonesia Temmy Wiradjaja menyatakan, langkah ini sebagai upaya perusahaan memastikan kendaraan bisa digunakan untuk jangka panjang serta menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: VinFast Mulai Berbisnis di Indonesia, Jualan VF e35 dan VF5

Mobil listrik VinFast VFe34 mejeng di IIMS 2024 Kompas.com/Daafa Alhaqqy Mobil listrik VinFast VFe34 mejeng di IIMS 2024

"Peluncuran ini merupakan perwujudan nyata atas dedikasi kami untuk memajukan industri mobilitas listrik dengan kendaraan yang canggih, cerdas, dan aman," kata dia dalam keterangannya, Senin (1/7/2024).

"Ini merupakan langkah penting dalam misi VinFast untuk mendominasi pasar kendaraan listrik Indonesia dan menunjukkan komitmen untuk mengembangkan produk inovatif dan berkualitas yang memenuhi beragam kebutuhan pelanggan," lanjut Temmy.

CEO VinFast Indonesia Tran Quoc Huy dalam kesempatan terpisah menjelaskan metode berlangganan baterai menawarkan atas ketenangan pikiran bagi pemilik mobil listrik melalui kepastian baterai tetap dalam kondisi prima.

Apabila kesehatan baterai turun di bawah 70 persen dari kapasitas aslinya, perusahaan akan menggantinya secara gratis

Baca juga: Mobil Bekas di Bawah Rp 120 Juta, Ada Ertiga, Mobilio, sampai Jazz RS

VinFast Meluncur di IIMS 2024KOMPAS.com / Rulli Kurniawan VinFast Meluncur di IIMS 2024

"Hal ini menghilangkan kekhawatiran dan potensi biaya tinggi untuk mengganti sendiri baterai yang rusak, pengeluaran yang signifikan pada kepemilikan kendaraan listrik tradisional,” kata Huy.

Artinya, sepanjang kepemilikan VinFast akan menanggung semua biaya pemeliharaan baterai. Ini memastikan baterai menerima perawatan agar dapat berfungsi secara optimal.

Adapun, biaya sewa baterai yang ditawarkan oleh VinFast bergantung dari jarak tempuh yang dipilih oleh konsumen.

Untuk model VF5, jarak tempuh kurang dari 1.500 km akan dipatok sebesar Rp 990.000 per bulan, jarak kurang dari 3.000 Km senilai Rp 1,41 juta per bulan untuk, dan jarak lebih dari 3.000 Km sebesar Rp 2,36 juta per bulan.

Adapun harga jual VF e34 untuk metode berlangganan baterai ialah Rp 315 juta dan Rp 409 juta bagi yang hendak membelinya dengan baterai.

Baca juga: Peluang Industri Sepeda Motor Listrik di Indonesia Masih Terbuka Lebar

Pabrik baterai VinFastdok.VinFast Pabrik baterai VinFast

Bagi 1.000 konsumen awal, diberikan diskon sampai Rp 20 jutaan yaitu Rp 294 juta dengan berlangganan baterai dan Rp 399 juta khusus pembelian dengan baterai langsung.

Sementara harga dari VF5 sebaga entry level, dijual Rp 242 juta pada metode berlangganan baterai dan Rp 310 juta dengan baterai.

Sebagaimana model VF e34, khusus konsumen awal dijual Rp 226 juta dengan berlangganan dan Rp 295 juta pada pembelian bersama baterainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com