Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Rawat Cat Bodi Motor agar Tampil Maksimal

Kompas.com - 19/03/2024, 13:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik sepeda motor, selain wajib melakukan perawatan dari sektor performa, penting juga untuk menjaga sisi visual agar tampilannya selalu fresh.

Melakukan perawatan eksterior motor terkesan lebih mudah dibanding mobil lantaran dimensinya yang tak terlalu besar. Namun, agar hasil maksimal, tetap perlu dilakukan dengan benar.

Contoh, agar cat pada bodi motor tak mudah kusam, ada baiknya mendapat perlindungan ekstra. Caranya bisa dengan melakukan nano ceramic seperti yang banyak digunakan pada mobil.

"Dengan nano ceramic, bisa membuat warna tetap seperti asli layaknya keluar dari diler motor," kata Rizki Elrivany, Head of SCT Indonesia, dalam keterangan resminya, Selasa (19/3/20224).

Baca juga: Mau Mudik Pakai Mobil Pasang Roof Box, Ingat Aturan dan Risikonya

Rizki melanjutkan, setelah bodi motor terlapis nano ceramic, pemilik tetap wajib membersihkan atau mencuci kendaraan secara teratur.

Ilustrasi detailing sepeda motorScuto Ilustrasi detailing sepeda motor

 

Tak lupa, jangan asal memilih sabun atau sampo, serta lap dengan microfiber agar terhindar dari noda yang menempel lama dan susah dibersihkan.

Penggunaan liquid wax setelah dicuci mampu membuat motor terlihat kinclong. Peremajaan bodi yang kasar dengan vinyl restorer dapat membuat tampilan lebih maksimal.

Demikian juga saat hujan, pantang malas dalam melakukan perawatan motor. Pasalnya, air hujan yang menempel di bodi, jika tidak segera dibersihkan, akan timbul waterspot dan jamur yang membuat kendaraan terlihat kusam.

"Selain itu, jangan lupa untuk memaksimalkan penampilan, oles ban dengan tyre shine agar lebih awet memelihara kekenyalan karet ban serta kersihannya," ujar Rizki.

Pemilik motor yang ingin melakukan nano coating bisa menyambangi SCT Allogio yang berada di Gading Serpong, Tangerang. Gerai yang baru diresmikan ini menjadi SCT Motodetailing yang ke-76.

Baca juga: Kontribusi Penjualan Motor Listrik Diprediksi Bisa 30 Persen Pasar

Dari segi harga, Scuto Indonesia yang baru saja meraih lima kali penghargaan Superbrands berturut-turut ini menawarkan kisaran yang cukup kompetitif dan variatif tergantung dari dimensi motor dan paket yang dipilih.

Ilustrasi detailing sepeda motorScuto Ilustrasi detailing sepeda motor

Menariknya, pada momen grand opening jaringan terbaru, konsumen bisa menikmati diskon 50 persen untuk premium wash, wash & polish, serta Motodetailing. Sementara untuk nano ceramic bisa mendapatkan paket diskon hingga 20 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com